Tes Urine WBP Secara Periodik, Lapas Tebing Tinggi Konsisten Perangi Narkoba

03-07-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tebing Tinggi — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Bertempat di Gedung Sasana Tama Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi, kembali petugas melaksanakan pemeriksaan tes urine kepada sejumlah warga binaan secara acak disetiap kamar hunian. Kegiatan dipimpin langsung oleh Ka.KPLP, Fransisco Pandia dengan didampingi kasubsi keamanan, Rudy Purba dan jajaran. Kegiatan tes urine ini merupakan langkah-langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba serta sebagai wujud keseriusan komitmen pemasyarakatan perang melawan narkoba.
Fransisco menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan secara mandiri dan ditangani oleh tim medis Lapas Tebing Tinggi dengan sampel 30 orang warga binaan yang dipilih secara acak disetiap kamar hunian. Senin, 03/07/2023.
"Ada 30 orang warga binaan yang dipilih secara acak disetiap kamar hunian untuk di tes urine dan ditangani langsung oleh tim medis guna memastikan kebenaran pemeriksaan tes urine yang berjalan", ungkap Fransisco.
Sementara itu terkait pelaksanaan P4GN diLapas, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Anton Setiawan) menjelaskan pelaksanaan tes urin terhadap warga binaan telah dilaksanakan setiap minggunya. Sesuai dengan instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.
Dari hasil test urine ini, diketahui bahwa seluruh WBP yang dites berstatus (-) negatif/ tidak terbukti mengkonsumsi narkoba. Meskipun demikian kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala dan dilaporkan kepada Kanwil Kemenkumham Sumut sebagai unit monitoring dan evaluasi.
Selain itu, ini juga dirangkaikan dengan pengarahan oleh Ka.KPLP Fransisco menjelaskan terkait deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib). "Kegiatan ini merupakan wujud Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi dalam pemberantasan Narkoba dan kami petugas harus melaksanakan hal yang telah menjadi ketentuan. Kita tidak bosan bosannya melakukan kegiatan tes urin kepada WBP karena kita ingin Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi ini WBP nya benar benar steril dari penyalahgunaan narkoba,” terangnya.
Kegiatan tes urine berlangsung dengan aman dan tertib.

Bagikan berita melalui