Bersih-Bersih Taman Makam Pahlawan Lengkapi Semarak Hari Kemenkumham Ke-78 Tahun 2023

03-08-2023 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH — Sekretariat Jenderal

Palangka Raya, Kumham Kalteng – Sebagai bangsa Indonesia, sudah sepatutnya untuk kita selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan. Karena berkat jasa para pahlawan, saat ini kita dapat menikmati kehidupan damai tanpa peperangan serta menjadi suatu negara yang bebas dan merdeka. Menghormati jasa para pahlawan bisa dilakukan dengan berbagai cara, selain mendoakan dan prosesi Tabur Bunga, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan Taman Makam Pahlawan, seperti dilakukan jajaran Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (03/08).

 

Kegiatan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan menjadi salah-satu kegiatan yang melengkapi semarak Hari Kemenkumham ke-78. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah (Hendra Ekaputra) mengerahkan beberapa pegawai, baik dari Kantor Wilayah maupun Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se Kota Palangka Raya untuk membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang.

 

“Sebagian dari pegawai kita kerahkan untuk turun membersihkan Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, selain untuk menyambut hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, kegiatan bersih-bersih ini juga merupakan salah-satu agenda Hari Kementerian Hukum dan HAM (HDKD), sekaligus sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi antar pegawai serta memiliki rasa empati kepada para pahlawan yang telah gugur untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia” ujar Kakanwil.

 

Dalam arahannya sebelum memulai bersih-bersih TMP, Hendra Ekaputra juga menjelaskan bahwa giat ini bukan hanya sebagai ajang bersih-bersih semata, lingkungan TMP yang terjaga kebersihannya merupakan hal penting sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan dan jasa para pahlawan.

 

Kemudian untuk teknis dan mekanismenya, Hendra Ekaputra membagi petugas menjadi dua tim, ada yang bertugas membersihkan lingkungan dalam dekat makam dan ada yang bertugas membersihkan lingkungan luar.

 

Turut Hadir pada kegiatan tersebut, para pimpinan tinggi pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Kepala UPT, para pejabat struktural Kanwil Kemenkumham Kalteng dan UPT, serta perwakilan pegawai Kanwil dan UPT se-Kota Palangka Raya. (Red-dok, : Humas Kanwil Kalteng, AFN, Agustus 2023)

Bagikan berita melalui