RSU Haji Surabaya Mengadakan Vaksinasi Covid-19 Secara Perdana Kepada 30 Nakes

01-02-2021 - Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur — Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Surabaya- Sebanyak Tiga Puluh Tenaga Kesehatan (Nakes) mengawali pelaksanaan vaksinasi di RSU Haji Surabaya tanggal 15 Januari 2021.Tidak ada gejala menonjol yang dialami para nakes usai divaksinasi, kecuali ada satu dua orang yang mengaku sedikit tegang meskipun bekerja di lingkungan rumah sakit.  Untuk memastikan pelayanan tidak terganggu, nantinya vaksinasi akan dijadwalkan tiga kali dalam seminggu dengan pembatasan jumlah hingga 30 orang.
Melalui vaksinasi ini, ingin memberikan kontribusi terwujudnya herd imunity. Selanjutnya, bagi nakes yang belum divaksinasi pada hari ini akan dilaksanakan kegiataan serupa hingga nanti akan optimal seluruh pegawai di tanggal 31 Maret 2021. Secara keseluruhan 1.305 orang pegawai dan nakes yang ada.

Kegiatan vaksinasi terdiri dari 4 alur pelayanan vaksinasi yaitu Meja 1 (pendaftaran dan verifikasi) dimana calon penerima vaksin COVID-19 menunjukkan e-ticket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Jika identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke Meja 2. Meja 2 (format skrining) dimana petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Jika calon penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat dilakukan. Meja 3 (Vaksinasi), dimana calon penerima vaksin diberikan vaksin COVID-19 secara aman. Meja 4 (pencatatan dan observasi), dimana petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi. Penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI. Penerima vaksin memperoleh kartu vaksinasi. Calon penerima vaksin COVID-19 telah melakukan registrasi ulang datang tepat waktu sesuai jadwal.

Adapun pelaksanaan pada hari ini, RSU Haji telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Prov. Jatim kaitannya kesiapan logistik penunjang lainnya. RSU Haji juga menyiapkan vaksinator sebanyak 12 orang yang telah dilatih serta didukung oleh petugas pencatatan pelaporan juga telah disiapkan secara detail. Diharapkan, setelah divaksinasi nantinya bisa melindungi para tenaga medis dari Virus Covid-19.

Pemerintah menjamin vaksin yang digunakan sesuai dengan standar keamanan dan melewati uji klinik yang ketat.

-Hukmas dan Pemasaran RSU Haji Surabaya-

Bagikan berita melalui