Seminggu tertunda, Kuda dan Sapi Potong Kangean Siap Pasok Kebutuhan Ternak di Jawa Surabaya

15-02-2021 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
Seminggu tertunda, Kuda dan Sapi Potong Kangean Siap Pasok Kebutuhan Ternak di Jawa
Surabaya (11/2). Sapi potong, kuda, kerbau, kambing dan domba ekor gemuk merupakan komoditas utama yang sering dilalulintaskan dari kepulauan Madura ke Jawa melalui Pelabuhan Kalbut Situbondo. Pada Selasa (9/2) Karantina Pertanian Surabaya wilayah kerja Kalbut -Situbondo kedatangan 42 sapi potong dan 36 kuda dari Kangean - Madura.
Ternak-ternak tersebut sempat tertunda keberangkatan dari Kangean diakibatkan cuaca yang kurang bersahabat. “Kurang lebih sudah 5 (lima) hari tidak dapat ijin layar karena ombak besar dan angin kencang” terang Hanafi pemilik ternak.
Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen, selanjutnya diterbitkan perintah masuk Instalasi Karantin Hewan (IKH) Kalbut untuk dilakukan observasi sebelum dilepas ke Probolinggo dan Jawa Tengah.
"Selama masa karantina terdapat satu ekor sapi yang tidak mau makan, tetapi setelah diberi perlakuan perlahan-lahan kembali pulih” ungkap Ikhwan petugas wilker Kalbut.
Setelah menjalani observasi dan semua ternak dinyatakan sehat selanjutnya diterbitkan sertifikat pelepasan. Berbekal sertifikat tersebut puluhan sapi dan kuda potong dapat meneruskan perjalanan ke tujuan akhir.
Bagikan berita melalui