Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 : Lindungi Diri, Lindungi Keluarga

10-02-2021 - Kecamatan Gerokgak — Pemerintah Kab. Buleleng

Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan melaksanakan Webinar Sosialisasi Vaksinasi COVID -19 dengan tema “Vaksinasi COVID-19: Lindungi Diri, Lindungi Keluarga” yang berlangsung pada hari ini selasa, 09 Februari 2021.

Sosialisasi  tersebut diikuti oleh TP. PKK se-Indonesia dengan narasumber, dr Reisa Brotoasmoro, dr Nadia Wiweko dan Prof dr Iris Rengganis yang menyampaikan keamanan dan manfaat vaksinasi Covid -19 sebagai berikut :

  1. Vaksin Sinovac ini merupakan vaksin yang sangat aman bagi masyarakat untuk menjaga antibodi dan mampu melemahkan virus 65.3 %.
  2. Alur vaksinasi harus menunjukan e-tiket setelah pemberitahuan lewat sms yang kemudian melaksanakan pemeriksaan tentang kesehatan diri sebelum dilakukan vaksin.
  3. Vaksin ini boleh diberikan pada usia 18-59 tahun  dan lansia usia diatas 60 tahun diberikan setelah dapat informasi keamanan virus.
  4. Vaksin diberikan 2 kali dengan jarak 14 hari setelah divaksin I.
  5. Usia anak-anak dan ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan diberikan krn vaksin blm ditemukan.
  6. Vaksin sinovac tidak boleh diberikan pada orang yang sedang demam, darah tinggi, Tbc, HIV, dan asma.
  7. Pemberitahuan vaksin lewat SMS bagi tenaga kesehatan, dan pejabat, untuk masyarakat akan dilakukan pendataan dan akan diberikan pada bulan April 2021.
  8. Dan yang terakhir adalah manfaat vaksin untuk menjaga antibodi/kekebalan tubuh dan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, memakai masker, membatasi mobilitas  di tempat umum, dan menjauhi kerumunan serta keramaian.
Bagikan berita melalui