KAKANWIL (IMAM) TANDATANGANI MOU KERJASAMA DENGAN LEMBAGA BARESAN HEJO

05-02-2021 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT — Sekretariat Jenderal

BANDUNG-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat Imam Suyudi tandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Lembaga Baresan Hejo yang mengambil tempat di Ruang Saharjo Jl. Jakarta no. 27 Bandung, Rabu (03/02/2021).

Tampak hadir Kepala Divisi Administrasi Ngadiono Basuki, Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro, Kepala Divisi Pemasyarakatan Syafar Pudji Rochmadi, Kepala Bagian Program dan Humas Toni Sugiarto, Kepala Subbagian Humas RB dan TI Ginni Dewi Ridhawati, Ketua Lembaga Baresan Hejo Eka Santosa didampingi 3 anggotanya.

Nota kesepahaman ini mengenai Pengembangan wira agro hidroponik dan pengelolaan sampah mandiri. Pengembangan program tumbuhan hidroponik dan swakelola sampah dengan pembangunan konsep Kawasan Minimasi Sampah Mandiri (Kamisama) merupakan program kerjasama yang  bermanfaat dan akan secepatnya diaplikasikan di lapas dan rutan di lingkungan Jawa Barat. Program hidroponik ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan Jawa Barat. Di samping itu, pengelolaan sampah mandiri dipermudah dengan menggunakan teknologi mesin pembakaran sampah ramah lingkungan dengan asap yang lebih sedikit yaitu mesin bernama StungtaXPindad. Hasil pembakaran mesin tersebut dapat dijadikan pupuk dan bahan pembuatan paving blok yang secara tidak langsung dapat mengurangi indikasi  kerusakan lahan karena galian pasir (proses pengambilan bahan pembuatan paving blok).

Dalam sambutannya, Eka Santosa menyampaikan, "Hari ini merupakan anugerah yang luar biasa dari Tuhan, kerjasama ini dalam rangka pembinaan dan pemberian manfaat karena produk sudah teruji dan ekonomis serta tetap berinovasi diperjuangkan untuk ditingkatkan lagi manfaatnya. Pengelolaan sampah dengan menggunakan produk anak bangsa. Ini dipandang perlu dikarenakan di Bandung sampah yang dihasilkan 6000kg/harinya. Semoga kerjasama ini menjadi semangat bagi masyarakat bandung dan pemerintah daerah setempat." pesannya.

Dalam sambutannya, Imam Suyudi berkata, "Program kerjasama ini, baiknya kita menjalin kerjasama yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam kegiatan agro hidroponik dan swakelola sampah, akan kami budayakan mekanismenya. Pada umumnya di jajaran Kanwil telah tersedia lahan dan pekerjanya, baiknya dengan dilakukan pembimbingan, pengarahan, suport dan asistensi dipandang perlu agar hasilnya lebih maksimal. Banyak pihak yang antusias bersedia untuk membantu demi kelancaran proses kerjasama ini." Di akhir kesempatan, kegiatan dilanjutkan ramah tamah dan foto bersama. 

(Red/foto : Hot/Azs)

Bagikan berita melalui