RSUD AA Kurbankan 18 Sapi dan 3 Kambing

23-08-2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad — Pemerintah Provinsi Riau

PEKANBARU - Setiap tanggal 10 Dzulhijjah merupakan Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

Qurban berasal dari bahasa Arab, "Qurban" yang berarti dekat. Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Terkait dengan itu, pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad (RSUD AA), Kamis (23/8) melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Adapun hewan yang disembelih kali ini, 18 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Hal ini diungkapkan dr Suindra, SpB-KBD yang merupakan Ketua Panitia Kurban RSUD AA kepada Tim Humas mengatakan, untuk tahun ini, Idul Adha 1439 H, pegawai RSUD AA menyembelih hewan sebanyak 18 ekor sapi, dan 3 ekor kambing.

"Kurban ini berasal dari pegawai, dokter, manajemen, dan direksi RSUD AA. Adapun kali ini kurban yang dipotong adalah 18 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Alhamdulillah," ujar Suindra yang menyampaikan pelaksanaan bekerjasama dengan Masjid Al-Mustasyfa.

Disinggung tentang penyalurkan daging kurban. Suindra menyampaikan satu ekor diserahkan kepada Ponpes Al Ihsan. Sedangkan 17 ekor sapi dan 3 ekor kambing dipotong di RSUD AA.

"Kalau yang kita potong, kita bagikan kepada karyawan dan securit. Selain itu, kita juga membagikan daging kurban kepada masyarakat yang berada di sekitar RSUD AA," bebernya.

Suindra juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur RSUD AA yang turut mendukung pelaksanaan syariat agama Islam ini.

Direktur RSUD AA, dr Nuzelly Husnedi, MARS di sela-sela pemotongan hewan kurban ini mengungkapkan, ibadah kurban disyariatkan Allah SWT untuk mengenang sejarah Idul Adha yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur karena semua peserta kurban sudah menjalankan syariat Allah SWT," ujar Direktur.

Nuzelly menambahkan, dengan kondisi yang ada, ia berharap ke depan pegawai hingga top manajemen di RSUD AA lebih baik lagi dalam menjalankan syariat agama Islam.

Untuk suasana kerja, ia berharap kepada pegawai di RSUD AA lebih meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas masing-masing.

Ia menambahkan, kurban hewan di lingkungan RSUD AA sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Dan semua peserta kurban berharap ridho dari Allah SWT, karena bisa berbagi dengan orang tidak mampu.

Ke depan kita berharap kegiatan ini terus berlangsung. "Sekarang 18 ekor sapi dan 3 ekor kambing, ke depan lebih banyak lagi hendaknya," doa Nuzelly. *

Bagikan berita melalui