SatPol PP Kec.Gerokgak Atensi Pencarian Korban Tenggelam di Pelabuhan Celukan Bawang

02-02-2021 - Kecamatan Gerokgak — Pemerintah Kab. Buleleng

Jumat tanggal 29 Januari  2021, bertempat di Dermaga II Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang Kec.Gerokgak, Kab.Buleleng telah terjadi Kecelakaan kerja TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) yang mengakibatkan buruh pelabuhan terjatuh ke laut.

Korban :

Ahmad Busairi, laki-laki, Islam, buruh, 56 tahun, alamat Banjar Dinas Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kec.Gerokgak, Kab.Buleleng.

Saksi-saksi :

  1. Heri Iskandar, laki-laki, Islam, buruh, 43 tahun, alamat Banjar Dinas Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kec.Gerokgak, Kab.Buleleng.
  2. Dullah, laki-laki, Islam, buruh, 54 tahun, alamat Banjar Dinas Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kec.Gerokgak, Kab.Buleleng.
  3. Abdul Hadi, laki-laki, Islam, 37 tahun, buruh, alamat Banjar Dinas Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kec.Gerokgak, Kab.Buleleng.

Kronologis kejadian :

Pada hari Jumat, tanggal 29 Januari 2021, sekitar pukul 07.30 wita, korban bekerja sebagai buruh bongkar muat semen di Dermaga II bersama saksi (1) dan saksi (2) diatas truk yang sedang memuat semen dari KM.Shoryu 79.

Sekitar pukul 07.45 wita, korban yang sedang menyusun semen di atas truk, semen yang dipegang korban agak miring ke arah timur dimana posisi truk berada di pinggir dermaga antara kapal KM.Shoryu 79, sehingga korban terpeleset dan jatuh ke laut.

Kemudian saksi (3) yang posisinya berada di atas kapal langsung loncat ke laut untuk mencari korban, namun selama 20 menit mencari korban yang jatuh di laut, saksi 3 tidak bisa menemukan korban dan kemudian menghubungi Basarnas.

Proses pencarian yang dilakukan Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Celukan Bawang, TNI AL, Pol Air Polda Bali dan Polres Buleleng, Basarnas, Babinsa Celukan Bawang,SatPol PP Kec. Gerokgak dan Nelayan setempat dengan menggunakan kompresor untuk melakukan penyelaman pencarian korban.

Pada pukul 10.30 wita korban ditemukan di dalam air di lokasi terjatuh dalam keadaan sudah meninggal, setelah diangkat langsung dibawa ke rumah korban dan dilakukan pemeriksaan/visum, oleh Tim Puskesmas Gerokgak I yang dipimpin oleh dr. Nobela. Pada pukul 11.05 wita pemeriksaan/visum korban selesai dan dari hasil visum tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan murni karena kecelakaan kerja. Korban akan dimakamkan hari ini oleh pihak keluarga pukul 16.00 wita.

Bagikan berita melalui