empat Kesulitan Sandar, 37 Ekor Sapi Asal Kangean Selamat dan Sehat

21-01-2021 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian

Sempat Kesulitan Sandar, 37 Ekor Sapi Asal Kangean Selamat dan Sehat

Surabaya (20/1). Cuaca buruk yang melanda beberapa wilayah Indonesia beberapa minggu terakhir merupakan tantangan tersendiri bagi moda transportasi laut. Demikian juga halnya yang terjadi di Pelabuhan Laut Kalbut - Situbondo.

Pada 18 Januari 2021, KLM Linggar Jati V yang membawa 37 ekor sapi potong dari Kangean mengalami kesulitan sandar di Pelabuhan Kalbut yang disebabkan oleh angin kencang dan hujan deras. Kondisi tersebut membuat ternak/sapi harus menunggu sekitar 4 (empat) jam untuk bisa diturunkan dari kapal.

“Sapi- sapi yang sempat tertahan cukup lama di dalam kapal akhirnya bisa diturunkan dengan selamat dan di istirahatkan di Instalasi Karantina Hewan (IKH) Kalbut. Beberapa sapi mengalami kelelahan, tapi secara keseluruhan kondisi sapi baik,” ungkap Slamet Haryadi pejabat karantina hewan wilker Kalbut yang melakukan observasi.

Setelah semua dokumen terpenuhi dan sapi dinyatakan sehat maka sertifikat pelepasan dapat diterbitkan. Ini berarti, semua sapi tersebut dapat melanjutkan perjalanannya ke Jawa Barat.

Bagikan berita melalui