Singkong Beku Asal Jawa Timur Laris di Amerika

10-12-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
Surabaya (7/20). SobatQ pasti tahu bahkan pernah mencicipi singkong atau ubi kayu kan ? Tidak hanya masyarakat Indonesia, singkong juga disukai di Amerika. Beberapa perusahaan telah mengekspor singkong beku ke Amerika sejak beberapa tahun lalu, namun bagi PT SAA baru mulai pada tahun 2020.
Selama Tahun 2020 PT. SAA telah mengirim singkong beku ke Amerika sebanyak 5 kali sejumlah 110 ton, dengan nilai ekonomi 985, 4 juta rupiah. Sementara itu, pada jum’at (4/12) Karantina Pertanian Surabaya melakukan sertifikasi 22 ton singkong beku milik PT SAA, senilai Rp 233 juta ke Amerika.
Singkong (Manihot esculenta) yang diekspor telah melalui proses pencucian, pemotongan dan pembekuan pada suhu -20 derajat celcius. Pembekuan ini dimaksudkan supaya singkong tahan lama dan tidak membawa hama penyakit tumbuhan Cylas formicarus, sehingga dalam mitigasi risiko dikategorikan risiko rendah.
“Pada periode Tahun 2020 ini, pihak kami telah melakukan sertifikasi ekspor singkong beku asal Jawa Timur sejumlah 1.797 Ton senilai Rp. 9,6 Miliar. Ekspor tersebut dilakukan oleh 8 perusahaan/ekportir yang berbeda melalui pelayanan In Line Inspection (ILI),” ujar Musyaffak Fauzi Kepala Karantina Pertanian Surabaya.
Selanjutnya Nyoman Arnawa Kepala Bidang Karantina Tumbuhan menyatakan bahwa perusahaan yang mendapat layanan ILI akan dimonitoring setiap 6 (enam) bulan sekali. Hal ini untuk memastikan eksportir tetap konsisten menjaga kualitas dalam mengolah dan mengemas produknya sesuai dengan prosedur operasional (SOP) yang telah ditetapkan.
Bagikan berita melalui