Sukseskan Pemilu Serentak, 73 Warga Binaan Rutan Batusangkar Gunakan Hak Suara

10-12-2020 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Batusangkar — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA BARAT

Batusangkar, Info_PAS – Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini, 73 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Batusangkar memberikan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang di lakukan serentak di seluruh Indonesia (09/12).

Hadir langsung Kepala Rutan Kelas IIB Batusangkar, Buzarjos di dampingi pejabat struktural dan pegawai, ikut melihat dan mengawasi jalannya pelaksanaan pemilu ini.

“Hari ini kita semua seluruh rakyat Indonesia bersama-sama menggunakan hak suaranya untuk memilih calon kepala daerah, tak terkecuali WBP yang saat ini sedang menjalani pidana di Rutan Batusangkar juga ikut dalam menyukseskan Pilkada untuk memilih Gubernur dan Bupati” ujar Buzarjos.

 “Untuk jumlah WBP di Rutan Batusangkar saat ini berjumlah 108 orang WBP, hanya saja ada beberapa WBP yang bukan merupakan warga Kabupaten Tanah Datar, sehingga hanya 73 WBP yang bisa menyalurkan hak suaranya dalam Pilkada tahun ini” terang Buzarjos.

Proses pemungutan suara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker,pengecekan suhu badan dan mencuci tangan. Adapun tempat yang di gunakan dalam pelaksanaan Pilkada ini, memanfaatkan Mushola Rutan Batusangkar.

Sebelumnya seluruh WBP di beri pengarahan mengenai cara dan aturan dalam mengikuti pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi seperti saat sekarang ini. Seluruh WBP berbaris antre saling menjaga jarak sebelum dipanggil petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS). Saat hendak memilih, peserta pemilu diberikan sarung tangan plastik, surat suara,dan setelah selesai mencoblos salah satu jari diteteskan tinta oleh petugas KPPS.

Hadir juga dalam kegiatan ini petugas dari Badan Pengawas Pemilihan Umum Kab.Tanah Datar, beserta petugas dari TNI dan POLRI Kab.Tanah Datar.(Sn)

Kontributor : Sarno (Humas Rutan Kelas IIB Batusangkar)

Bagikan berita melalui