KPPN JAKARTA V BERSAMA KPP PRATAMA JAKARTA SOSIALISASIKAN IKPA, PERATURAN PERPAJAKAN, DAN EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN SEMESTER I TAHUN 2018

13-08-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Jakarta V — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta
Jakarta,- 7 Agustus 2018, bertempat di ruang auditorium Kementrian Pertanian, KPPN Jakarta V Bersama KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru IV mengadakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2018, Sosialisasi IKPA dan Sosialisasi Peraturan Perpajakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan realisasi penyerapan anggaran dan meningkatkan pemahaman tentang peraturan perpajakan khususnya kewajiban satker dan bendahara terkait perpajakan pada pelaksanaan belanja negara oleh satuan kerja terkait. Sosialisasi ini dihadiri oleh bendahara dan PPSPM dari satuan kerja lingkup KPPN Jakarta V, serta para Kepala Seksi dan Kepala Kantor KPPN Jakarta V, dan pejabat/pegawai KPP Pratama di lingkup daerah Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Jakarta V Ibu Lasmaria Manurung selaku penanggungjawab acara Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2018, Sosialisasi IKPA dan Sosialisasi Peraturan Perpajakan menjelaskan tujuan kerja sama antara KPP dan KPPN diantaranya peningkatan pemahaman sakter terkait dengan penyerapan anggaran dan pelaksanaan perpajakan. Selanjutnya Bapak Bagus Surjawan selaku perwakilan dari KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru IV, menyampaikan tentang pembuatan MOU atau perjanjian kerjasama antara KPP dan KPPN yang berisi tentang kerjasama mengenai sarana pengetahuan perpajakan pada KPPN Jakarta V dan pembahasan tentang penyerapan anggaran.

Agenda selanjutnya adalah penyampaian inti dari acara ini yaitu evaluasi pelaksanaan anggaran semester I tahun 2018, sosialisasi IKPA dan sosialisasi peraturan perpajakan. Pada acara sosialisasi ini dipimpin oleh moderator Ibu Dewi Imelda selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV KPP Pratama Jakarta Pasar Minggu. Materi evaluasi pelaksanaan anggaran semester I tahun 2018 dan sosialisasi IKPA disampaikan oleh Kepala KPPN Jakarta V Ibu Lasmaria Manurung, kemudian pemateri tentang perpajakan adalah Bapak Hariyono sebagai Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru IV.

Diharapkan setelah terselenggaranya acara evaluasi dan sosialisasi ini para petugas PPSPM dan bendahara dari satker-satker lingkup KPPN Jakarta V dapat memiliki peningkatan kompetensi mengenai perpajakan dan penyerapan anggaran yang juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja dari satker-satker terkait. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dengan semakin eratnya sinergi ini, diharapkan permasalahan dalam pelaksanaan anggaran khususnya penerimaan negara dari sektor perpajakan dapat tercapai tergetnya dan pencairan anggaran melalui KPPN Jakarta V dapat tercapai target penyerapan dan melaksanakan langkah-langkah strategis sehingga pengajuan pembayaran dana APBN tidak menumpuk di akhir tahun.
Bagikan berita melalui