Banyuasin Meraih Penghargaan Festival Serat Alam 2020 Provinsi Sumatera Selatan

23-11-2020 - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Kabupaten Banyuasin meraih penghargaan pada Festival Serat Alam yang diselenggarakan oleh Dekranasda Sumatera Selatan tanggal 21 November 2020 di Kriya Sriwijaya Palembang.  Kerajinan serat alam yang dimiliki Kabupaten Banyuasin berupa antara lain Senik (anyaman dari lidi daun kelapa), rumbai (anyaman dari teki yang mirip pandan air) dan anyaman akar keladi air.

Akar Keladi Air hanya terdapat di dua wilayah Indonesia yaitu di Banyuasin dan di Sungai Ambawang Kubu Raya Kalimantan. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang hidup menumpang pada pohon bakau dan jejawi yang selama ini dianggap tidak berguna tapi bisa diubah menjadi cinderamata yang indah seperti topi, tudung saji, kipas, gantungan kunci dan lain-lain di tangan terampil ibu-ibu Desa Upang Kecamatan Air Salek dibawah binaan Dekranasda Kabupaten Banyuasin dan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banyuasin.

Dalam Festival Serat Alam 2020, Kabupaten Banyuasin berhasil meraih penghargaan Juara I Lomba Payung Etnik Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, dan juga meraih Juara II Lomba Aksesoris Gantungan Kunci dan Tempelan Kulkas.

 

Bagikan berita melalui