263 Kambing Asal Madura Penuhi Kebutuhan Situbondo dan Jember

16-11-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
263 Kambing Asal Madura Penuhi Kebutuhan Situbondo dan Jember
Surabaya, (13/20). Kepulauan Madura terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil ternak yang cukup produktif, misalnya kambing. Data BPS Tahun 2019 mencatat populasi kambing di Madura sejumlah 490.104 ekor, yang didominasi oleh jenis kambing Pote Arosbaya dan kambing kacang.
Kelebihan dari kambing Kacang adalah selain mempunyai daya adaptasi yang baik, juga memiliki tingkat reproduksi yang tinggi. Pada 12 November 2020, pelabuhan laut Kalbut - Situbondo kedatangan 263 ekor kambing Kacang dari Madura yang diangkut menggunakan 2 kapal ternak.
Akhmadi Khoiri dan Slamet Haryadi, Pejabat Karantina Pertanian Surabaya wilker Kalbut mendapatkan penugasan untuk melakukan tindakan karantina terhadap ternak kambing tersebut. ‘”Proses bongkar dilakukan dengan bantuan perahu kecil karena pada saat datang kondisi air laut sedang surut,” terang Slamet.
Setelah melalui semua proses tindakan karantina, kambing tersebut dinyatakan sehat dan selanjutnya diterbitkan sertifikat pelepasan. “ Kambing - kambing tersebut selain didistribusikan ke Situbondo juga akan dibawa ke Jember untuk membuhi kebutuhan daging kambing di wilayah tersebut,” jelas Moni, pemilik kambing.
Bagikan berita melalui