Penilaian : KPPN Madiun Menuju WBBM

03-11-2020 - KPPN Madiun — DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

KPPN MADIUN... JOSSS....!

KPT .... YESSS..!

WBK........ OKE...!

WBBM........ PASTI..PASTI..PASTI BISA..!!!

Kompak, Yel yel menggema di Ruang Kepala KPPN Madiun, mengawali penilaian dari Tim Penilai KemenPANRB secara daring, pada Jumat, sore hari tepat puku 15.00.

Jumat 23 Oktober 2020, Setelah melewati serangkaian tahapan kegiatan dan penilaian, KPPN Madiun menghadapi penilaian final yang dilakukan oleh Tim Penilai dari Kementerian PAN RB. Pada kali ini, kegiatan penilaian kepada KPPN Madiun untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) dilakukan secara virtual/daring melalui media ZOOM bertempat di ruangan Kepala Kantor KPPN Madiun.

Penilaian kali ini terasa spesial, karena Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Jawa Timur, Bpk. Dedi Sopandi, berserta Kepala Bidang SKKI, Bpk. Totok Suyanto, menyempatkan diri hadir secara khusus untuk mendampingi dan menyaksikan serta memberikan semangat secara langsung pada pelaksanaan penilaian KPPN Madiun WBBM, bahkan sehari sebelumnya mengikuti proses persiapan dan memberikan arahan kepada Tim KPPN Madiun.

KPPN Madiun yang telah berhasil mendapatkan gelar Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2018, terus meningkatkan performa dan bertekad meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM) pada 2020 ini.

Seluruh jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan KPPN Madiun, saling mendukung agar Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani benar-benar  bisa terwujud. Aspek yang diperlukan untuk mendukung penilaian antara lain manajemen perubahan, tata laksana, manajemen SDM, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan public, telah dilakukan secara efektif dan efisien di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan sebagian  pegawai melakukan pekerjaan dari rumah.

Berbagai inovasi telah dilakukan oleh KPPN Madiun dalam  meningkatkan pelayanannya kepada satuan kerja inovasi diantaranya :

  1. Espm dimana satker dalam menyampaikan SPM, data kontrak, renkas, tidak perlu datang dan mengantri di KPPN Madiun. SPM beserta lampirannya bisa langsung diupload pada aplikasi espm.
  2. Elpg : Aplikasi Layanan dan Pengaduan Gratifikasi e-LPG merupakan survey kepuasan mengenai 13 (tiga belas) layanan yang dimiliki KPPN. Survey ini akan dilakukan pada setiap acara yang diadakan KPPN
  3. Star Short Course Program : Bimbingan Teknis Satuan Kerja Secara Online
  4. Aplikasi Kenaliku: Kenal IKU merupakan sebuah inovasi yang dirancang oleh KPPN Madiun yang berfungsi agar masing-masing pegawai pada KPPN Madiun mengenali IKUnya (Indikator Kinerja Utama). Sehingga setiap pegawai KPPN Madiun dapat secara maksimal mengemban tugas dan fungsi pada seksinya.
  5. Aplikasi E-ISAKU : merupakan sebuah inovasi yang digunakan sebagai bahan pengukuran kinerja pegawai yang harus diisi oleh masing-masing pegawai di setiap awal bulan untuk capaian kinerja bulan sebelumnya. E-ISAKU berbasis web dengan menggunakan fasilitas Google Form. E-ISAKU membentuk database capaian kinerja pegawai untuk setiap bulan dan dikelola oleh Sub Bagian Umum.
  6. PIAWAI : Penayangan Informasi Kehadiran Pegawai PIAWAI menayangkan informasi kehadiran pegawai setiap harinya sebagai bagian dari program peningkatan kualitas layanan dan keterbukaan informasi publik.
  7. Pedes Mantul : Pembinaan Desa Mandiri Transparan dan Akuntabel

Inovasi dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan, kecepatan  dalam pelayanan sebagai indikator resmi di mata masyarakat bahwa pelayanan prima telah hadir di KPPN Madiun. Inovasi ini tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh pengguna layanan tetapi juga dapat meningkatkan kinerja pegawai KPPN Madiun.

Kepala KPPN Madiun, Kutfi Jusmintari menyampaikan Paparan dan presentasi kepada Tim Penilai didampingi segenap Tim KPPN Madiun. Dilanjutkan sesi tanya jawab oleh Tim Penilai kepada Tim KPPN Madiun. Proses penilaian berlangsung dengan lancar, selama kurang lebih 2 jam, hingga selesai tepat pukul 17.05.

Kami telah melakukan dan menyampaikan secara maksimal, semoga mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan harapan semua pegawai dan demi memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama atas dukungan, doa, dan partisipasinya, dalam rangkaian kegiatan untuk mewujudkan KPPN Madiun menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

KPPN Madiun WBBM........ Pasti.. Pasti.. Pasti Bisa..!!!.

Bagikan berita melalui