POWER BREAKFAST KHUSUS SATKER MITRA KERJA KPPN TANJUNG PANDAN

08-08-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Tanjung Pandan — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung

Tanjung Pandan. Keseriusan KPPN Tanjung Pandan dalam rangka meningkatkan excellent service kepada mitra kerja untuk maju bersama membangun negeri diwujudkan dengan pelaksanaan kegiatan power breakfast bersama satker mitra kerja KPPN dengan agenda “ EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN DALAM RANGKA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) / WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI (WBBM)”.

 

Acara power breakfast  diselenggarakan di lobby KPPN Tanjung Pandan, pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2018, dan disambut positif oleh satker mitra kerja KPPN Tanjung Pandan. Dalam paparannya Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd. Yen Yen Nuryeni menyampaikan kegiatan ini diadakan untuk menggali permasalahan yang dihadapi oleh satker namun dikemas dengan acara non formal, harapannya setelah mengenal satker satu sama lain, antar satker bisa sharing knowledge barangkali dijumpai permasalahan yang sama.

 

Pejabat Pembuat SPM Satker Polres Belitung, Yasin, menyampaikan apresiasi atas pelayanan KPPN Tanjung Pandan selama ini, satker sudah banyak terbantu dalam pengelolaan keuangan. Yasin menyampaikan dikarenakan sering terjadi rotasi petugas operator aplikasi masih di tangani 1 (satu) pegawai. Begitu juga dengan proses pengadaan barang/jasa masih dirasa panjang rantai birokrasi. Terhadap permasalahan tersebut, Rd. Yen Yen Nuryeni menanggapi kiranya ada job shadowing/pendampingan pada saat terjadi pergantian personil. Dan apabila diperlukan untuk asistensi dari KPPN silahkan berkoordinasi lebih lanjut dengan KPPN. Prinsipnya bagaimana agar tidak menghambat pekerjaan.

 

Disamping itu, KPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Muhamadiyah, menuturkan bahwa di tahun 2018 telah dilakukan perubahan pejabat perbendaharaan, untuk peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran. Dalam paparannya, Muhamadiyah, menyampaikan keinginan untuk mengetahui implementasi penggunaan Kartu Kredit Pemerintah serta Cash Management System untuk pengelolaan rekening.

 

Rd. Yen yen Nuryeni, menyampaikan bahwa KPPN Tanjung Pandan sebagai kantor vertikal pertama lingkup Ditjen Perbendaharaan untuk melaksanakan uji coba Kartu Kredit Pemerintah dari PT BRI (Persero) Cabang Tanjung Pandan.  Gerakan transaksi non tunai melalui Kartu Kredit Pemerintah, hampir sama dengan tata kelola keuangan zaman dulu dari cash tunai menjadi giralisasi. Kartu Kredit Pemerintah baru sebatas pengelolaan UP berupa belanja barang antara lain : ATK, Konsumsi, Perjalanan Dinas, serta Jamuan tamu. Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah ini tidak akan mengganggu uang persediaan. Pemerintah tidak henti hentinya meningkatkan perbaikan dalam pengelolaan keuangan guna transfaransi dan akuntabilitas keuangan. Sementara itu, Rd. Yen Yen Nuryeni memaparkan untuk Cash Management System, pernah disosialisasikan di KPPN Tanjung Pandan tahun 2017, satker bermohon untuk dilakukan edukasi oleh pihak perbankan.

 

Acara ditutup dengan paparan dari Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Sunarto berupa internalisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM, serta permintaan dukungan dari pihak satker.  (LM)

Bagikan berita melalui