Dukung program Bupati dan Wakil Bupati, Wujudkan Infrastruktur Bagus dan Pemerintahan Terbuka

02-11-2020 - Kecamatan Banyuasin III — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Pangkalan Balai - TRANSPARANSI yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Banyuasin III, layak diberikan acungan dua jempol dalam penggunaan Dana Kelurahan (DK) 2020. Pasalnya pembangunan fisik yang dilakukan kelurahan dimonitoring dan evaluasi (Monev) oleh tim, terdiri dari Inspektorat Banyuasin dan PUM Setda Banyuasin sekaligus melibatkan LSM LP KPK, LSM JPKP dan sejumlah media massa. 

Camat Banyuasin III Dra Yuni Khairani MSi menjelaskan, Monev dilakukan untuk mengkoreksi kegiatan yang telah dilaksanakan. Tujuannya untuk mengetahui hasil kegiatan tersebut, apakah sudah sesuai dengan RAB dan mekanisme yang ada.

BANGUNAN siring jalan di Kelurahan Kayuara Kuning Kecamatan Banyuasin III

“Prosesnya pihak kecamatan yang meminta, dikarenakan apabila sudah di SPJ kan berarti kita sudah siap dikritisi pihak lain. Sekarang posisi kegiatan sudah dilaksanakan dan SPJ dalam proses, kita kiritisi diri sendiri dengan mengundang pihak lain untuk menilainya,” ungkapnya, Selasa (27/10) lalu.

Lanjut Camat Banyuasin III, usai kegiatan Monev dilakukan, pihaknya akan segera merampungkan pekerjaan fisik maupun pelaporan. “Setelah itu kita serahkan ke BPKAD dan tembuskan ke Inspektorat dan PUM, Adpem untuk dinilai apakah dana kelurahan di Banyuasin III telah sesuai mekanisme yang berlaku,” sambung dia.

JALAN cor di Kelurahan Mulia Agung Kecamatan Banyuasin III

Dalam pelaksanaan pekerjaan sebelumnya, Camat Banyuasin III menegaskan telah melakukan monitoring. Yakni mulai dari awal pelaksanaan 30 %, 50 ?n 75 %, untuk mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan. “Seperti di Kelurahan Seterio, memang ada satu bagian 100 meter belum selesai dikarenakan faktor alam, tapi mereka berkomitmen menyelesaikan dalam masa pemeliharaan,” tegas dia.

BOX culvert di Kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III

Sekcam Banyuasin III Santo SSos MSi menambahkan, pembangunan yang menggunakan DK 2020, untuk di Keluarahan Kayuara Kuning membangun siring jalan 119 meter. Kelurahan Mulia Agung pengecoran jalan, Kelurahan Seterio perbaikan Jalan Krio Mursyid. “Untuk Kelurahan Pangkalan Balai cor Jalan Penggawe M Dani di RT 32. Terakhir Kelurahan Kedondong Raye, membuat box culvert di Jalan Pasar Lama 8x1 meter,” terang dia.

PENINJAUAN hasil perbaikan Jalan Kerio Mursyd Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III

Sementara itu, Kasubag Administrasi Kewilayahan di PUM Setda Banyuasin, Sigit Yogatama SH menyatakan hasil Monev dari lima kelurahan di Kecamatan Banyuasin III secara fisik sesuai dengan standar RAB. Selanjutnya, pihaknya akan menyempurnakan laporan terkait dana kelurahan kepada Bupati Banyuasin, nantinya untuk disampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan.

“Menyempurnakan dalam hal ini berbasis geospasial, dalam laporan itu akan terbit peta administrasi. Dimana satu peta kelurahan akan menampilkan bangunan fisik peta administrasi, tujuannya untuk meminimalisir tumpang tindih pembangunan,” pungkas dia. (ars)

Bagikan berita melalui