Lapas Watampone Gelar Intervensi Psycosocial Bagi Para Residen Rehabilitasi

23-10-2020 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI SELATAN

WATAMPONE- Lembaga Pemasyarakatan merupakan sebuah wadah untuk melakukan pembinaan terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan, salah satu pembinaan dan juga menjadi bagian dari pelayanan yang ada pada Lapas Kelas IIA Watampone yakni layanan rehabilitasi bagi para penyalahguna Narkotika.

Rehabilitasi bagi WBP penyalahgunaan narkotika merupakan tahap kedua di tahun 2020 ini,
Beragam kegiatan yang sengaja dihadirkan dalam kegiatan rehabilitasi berbasis Pemasyarakatan ini yang menerapkan metode Theraupetic Community (TC) dalam pelaksanaanya. (20/10)

Salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin yang wajib di ikuti oleh para residen yakni kegiatan Morning Meeting; Sedikit berbeda dari biasanya, morning meeting kali ini juga diselipkan kegiatan seminar Intervensi Psikososial, dimana tema yang diangkat berupa pencegahan kekambuhan, yang dibawakan oleh Savitry selaku Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Bone.

Savitry menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yakni bagaimana residen TC dapat memahami tanda-tanda kekambuhan (relapse);
Menurutnya hal ini sangatlah penting sebagai upaya untuk mempertahankan pemulihan mereka nantinya," ujarnya saat memberikan pemaparan.

Dalam kesempatan tersebut, para residen diberikan pengetahuan tentang relapse prevention, craving (keinginan untuk menggunakan), triger factor (faktor pemicu), serta gejala atau indikasi dari perilaku yang bisa kembali kambuh.

"Dengan mengenal secara dini keinginan untuk memakai, mereka bisa lebih dini dalam melakukan antisipasi kekambuhan. Selain sebagai pembekalan residen agar lebih waspada dalam menghadapi tanda/gejala relapse, dengan materi seminar ini, diharapkan WBP/ residen mampu mencari solusi terhadap permasalahanya, tanpa harus terjerumus dalam persoalan yang sama.

Kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Lapas Watampone, dihadiri juga oleh para Konselor Adiksi, dan anggota kelompok kerja layanan rehabilitasi Lapas Watampone.

Humas Lapas Watampone

Bagikan berita melalui