Wujud Pelayanan Kepada WBP Lapas Optimalkan Pembinaan Kepribadian Dengan Pendekatan Agama

23-10-2020 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI SELATAN

WATAMPONE- Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melakukan pembinaan guna membentuk pribadi yang baik dan juga mandiri bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Ragam pola dan juga kegiatan di hadirkan sebagai implementasi pembinaan, baik yang bersifat  kemandirian maupun kepribadian yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan juga penghidupan mereka kelak telah menjalani masa pidananya di dalam Lapas.

Salah satu dari beragam kegiatan pembinaan  yang ada pada Lapas kelas IIA Watampone dimana tujuannya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.SWT berupa kegiatan ngaji bagi Warga Binaan Lapas Watampone. (07/10)

Mereka ngajji tidak dengan melantunkan ayat alquran dengan merdu serta fasih, melainkan mereka justru baru memulai mengenal huruf hijaiyah dengan menggunakan metode iqra.

Ramli Kepala Seksi Bimbingan Narapidana & Anak didik Lapas Watampone yang membidangi mengenai rencana pembinaan bagi WBP menuturkan bahwasanya di dalam Lembaga Pemasyarakatan mereka para WBP tidak hanya diberikan pembinaan dalam bentuk pembinaan kemadirian namun kita juga memberikan pembinaan keperibadian, salah satunya dengan pendekatan keagamaan seperti yang kita lakukan sekarang berupa program belajar ngaji bagi WBP, Tidak ada kata terlambat untuk belajar termasuk belajar ngaji”.

 

Selajutnya ia menjelaskan tujuan kegiatan ini bertujuan untuk memberantas buta aksara alquran di dalam Lapas, selain menjadi wadah transfer ilmu yang bernilai pahala, kegiatan ini juga memilki nilai positif di dalamnya yang sejalan dengan salah satu tujuan pembinaan yakni meningkatkan nilai ketaqwaan kepada Allah SWT,Selain program ngaji, kegiatan Zikir pagi juga digiatkan di dalam Masjid Mifathu taubah Lapas Watampone, dimana WBP yang terkait dengan PP 99/2012 rutin mengikuti kegiatan tersebut.

 

Humas Lapas Watampone

 

Bagikan berita melalui