Rutan Wonosobo Wujudkan Inovasi VICADO

20-10-2020 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonosobo — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TENGAH
*RUTAN WONOSOBO WUJUDKAN INOVASI VICADO*
Sesuai dengan arahan Direktoran Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, kunjungan terhadap warga binaan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonosobo dihentikan sementara demi mencegah penyebaran wabah penyakit Covid-19 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sebagai gantinya, Rutan Wonosobo menyediakan layanan video call (LAVICA) melalui aplikasi Google Duo untuk warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarga.
Namun tidak semua Warga Binaan Rutan Wonosobo dapat menggunakan layanan tersebut lantaran pihak keluarga dirumah yang tidak memiliki Handphone Android sebagai sarana Layanan Video Call. Mengenai hal tersebut Rutan Wonosobo berinovasi dengan bergerak sebagai suatu tindak lanjut dari Layanan Video Call yaitu mengadakan Video Call Door to Door. Layanan ini mengerahkan Petugas Layanan Publik Rutan Wonosobo untuk terjun langsung ke masyarakat khususnya ke rumah Warga Binaan yang terdata tidak pernah menggunakan layanan video call karena pihak keluarga dirumah tidak memiliki Handphone Android.
Inovasi ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia, yaitu Telkomsel. Hal ini tentu mendapat respon yang sangat baik dari Warga Binaan untuk dapat saling menyalurkan kerinduan yang sejak Bulan Maret 2020 kemarin tidak dapat dikunjungi keluarga. Suasana tampak haru dan gembira, baik Warga Binaan di Rutan Wonosobo maupun keluarga Warga Binaan dirumah. Senyum merekah menghiasi wajah mereka. Canda dan tawa menambah renyah suasana. Atmosfer kebahagiaan terasa sekali, paling tidak tergambar dari wajah-wajah senang keluarga dan narapidana. Bukan menafikan kesalahan yang telah mereka perbuat, tetapi ketika melihat situasi mereka ini (napi dan pengunjungnya), bolehlah sekiranya kita melupakan sejenak status mereka. Sebab, memperoleh kesempatan saling melepas rindu dengan orang-orang terkasih adalah hak abadi setiap manusia.
Bagikan berita melalui