Serius Tingkatkan Kinerja PA KPPN, KPPN Singaraja Lakukan Evaluasi dan Susun Langkah Strategis

03-08-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Singaraja — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali

Singaraja, 3 Agustus 2018

Parameter baru dalam pengukuran kinerja pelaksanaan anggaran satker telah diluncurkan oleh Ditjen Perbendaharaan. Adalah IKPA (Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran) yang terdiri dari 12 unsur parameter telah menjadi tools baru bagi Satuan Kerja untuk menilai kinerja PA unit masing-masing. IKPA bisa diakses oleh seluruh Satuan Kerja melalui aplikasi OMSPAN (Online Monitoring SPAN) pada menu Monev PA.

Akhir bulan Juli 2018, Kantor Pusat DJPb merilis peringkat kinerja PA seluruh satker unit vertikal DJPb untuk periode Semester 1 Tahun 2018. Hasil rilis ini cukup mengagetkan bagi sebagian KPPN karena keberhasilan mengedukasi dan membina satker mitra kerja dengan hasil nilai IKPA yang bagus ternyata tidak memberikan hasil yang serupa untuk satker KPPN sendiri. Kondisi ini langsung direspon oleh seluruh unit vertikal DJPB dengan komando dari kantor pusat. Hal ini dimaksudkan agar terjadi peningkatan yang signifikan mengingat masih cukup waktu sekitar 1 semester ke depan untuk memperbaiki kinerja IKPA tahun 2018 secara keseluruhan.

Dirjen Perbendaharaan langsung memberikan arahan kepada seluruh unit vertikal DJPb melalui video conference pada hari Selasa 1 Agustus 2018, serentak di masing-masing Kantor Wilayah DJPb. KPPN Singaraja sebagai salah satu unit vertikal DJPb di Provinsi Bali langsung merespon dengan sigap dan dengan cara positif. Disamping mengikuti Video Conference di ruang Kanwil DJPb Provinsi Bali, Kepala KPPN Singaraja juga langsung mengadakan konsolidasi internal dengan seluruh pegawai/pejabat terkait, terutama dengan PPK, PPSPM dan Bendahara.

Setelah melakukan evaluasi, Kepala PPN Singaraja beserta seluruh jajarannya bertekad untuk terus meningkatkan edukasi dan pembinaan kepada seluruh satker mitra kerja, tak terkecuali untuk satker KPPN sendiri. Beberapa langkah strategi pun disusun, termasuk memonitor penerapan beberapa inovasi yang telah dibangun untuk mendukung suksesnya kinerja PA di lingkup mitra kerja KPPN Singaraja. Semoga upaya KPPN Singaraja ini bisa memberikan hasil yang nyata bagi keberhasilan pelaksanaan anggaran di satker KPPN Singaraja dan satker mitra kerja KPPN Singaraja, yang pada gilirannya akan turut mendorong terciptanya peningkatan kualitas kinerja pengelolaan APBN dalam memberikan kontribusi nyata bagi suksesnya pembangunan nasional. 

Bagikan berita melalui