Kemenkumham Corpu Mendukung Pencapaian Birokrasi Digital

17-10-2020 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Batusangkar — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA BARAT

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menciptakan budaya baru di masyarakat untuk saling menjaga jarak. Isolasi dan karantina mandiri untuk memutus penularan, berakibat pelatihan secara tatap muka tidak dapat dilakukan. Strategi pengembangan kompetensi untuk pencapaian 20 jam pelajaran pertahun bagi setiap pegawai harus tetap dilakukan, sehingga mengubah model pembelajaran di dalam kelas atau klasikal menjadi pembelajaran non-klasikal, seperti kelas virtual dan pelatihan jarak jauh.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mendeklarasikan Corporate University (CorpU) pada 18 November 2019, yang dilandasi perlunya merespon perubahan revolusi industri 4.0 berbasis digital. CorpU merupakan strategi untuk mengintegrasikan model-model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Capaian kinerja individu tentu memengaruhi capaian kinerja organisasi, sehingga pengembangan kompetensi menjadi penting untuk tetap diberikan meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

Kemenkumham CorpU merupakan manajemen strategis pengembangan SDM yang fokus pada program strategis kementerian, dengan mengelola individu pegawai dalam ekosistem organisasi pembelajar, serta pengelolaan pengetahuan untuk pencapaian karakter unggul di bidang hukum dan HAM. Oleh karena itu, Kemenkumham CorpU memiliki sasaran untuk terbentuknya sebuah organisasi pembelajar di lingkungan Kemenkumham, yang memberi akses seluas-luasnya bagi setiap pegawai untuk belajar, dan sebanyak-banyaknya organisasi menyediakan sumber belajar itu sendiri. Disinilah pentingnya terbangun budaya belajar mandiri bagi insan Kemenkumham.

Sejumlah penyelenggaraan pelatihan sebagai bentuk pengembangan kompetensi diselenggarakan melalui Pelatihan Jarak Jauh sekaligus pemanfaatan Learning Management System (LMS). Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) untuk pejabat administrator, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) untuk pejabat pengawas, serta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II untuk para eselon II misalnya, diselenggarakan dengan menggabungkan antara elearning, teleconference, dan pembelajaran komunitas. Pelaksanaan semua pelatihan, baik di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM @bpsdm_kumham maupun di Balai Diklat, dilakukan dalam bentuk non-klasikal.

Dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi, pelaksanaan model pengembangan kompetensi menitikberatkan pada kondisi ramah teknologi digital. Pada akhirnya, Kemenkumham Corporate University dapat mendukung pada pencapaian birokrasi digital serta peningkatan capaian kinerja organisasi. Setiap pegawai merdeka memilih model pembelajaran yang sesuai kebutuhan pengembangannya, untuk memenuhi hak pengembangan dalam setahun paling sedikit 20 jam pelajaran.

#KumhamPasti

#KumhamCorporateUniversity

#BPSDMkumham

#KumhamMerdekaBelajar

#BPSDMBirokrasiDigital

#Kumham23

Bagikan berita melalui