1 Ekor Pun Diperiksa Karantina Pertanian Surabaya

09-10-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
1 Ekor Pun Diperiksa Karantina Pertanian Surabaya
Surabaya (8/10). Pengiriman ternak antar pulau tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar dengan volume yang besar, tetapi bisa juga dilakukan oleh perorangan dalam jumlah sedikit bahkan hanya 1 ekor. Karena sedikit atau banyak risiko penyebaran penyakitnya sama saja
Pejabat Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja Kalbut - Situbondo Slamet Hariyadi, melakukan pemeriksaan 1 ekor sapi asal Sapudi yang masuk melalui pelabuhan Jangkar. “Salah satu tugas penting karantina adalah memastikan komoditas hewan dan produk hewan yang dilalulintaskan sehat. Oleh sebab itu, walaupun hanya 1 ekor kami harus pastikan sehat juga,” ungkap Slamet.
Walaupun jarak tempuh wilker Kalbut ke Pelabuhan jangkar cukup jauh yaitu sekitar 40 Km, tidak menyurutkan niat pejabat karantina untuk memeriksa 1 ekor sapi yang diangkut dengan kendaraan roda 4 melalui Kapal Ferry KMP Satya Kencana.
Dari hasil pemeriksaan, sapi tersebut sudah dilengkapi dengan dokumen kesehatan. “Dokumennya lengkap dan sah, kondisi fisiknya juga sehat” imbuh Slamet.
Berdasarkan keterangan pemilik, sapi tersebut akan dipotong untuk keperluan hajatan. “Saya selalu patuhi aturan yang berlaku supaya aman dan nyaman. Apalagi sapi ini untuk dikonsumsi,” terang Hadianto pemilik ternak.
Bagikan berita melalui