Bupati Banyuasin: Dana Desa Harus Tepat Sasaran Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat Desa

08-10-2020 - Dinas Komunikasi dan Informatika — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Pangkalan Balai - Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 diselenggarakan di Graha Sedulang Setudung Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kamis (08/09/2020).

 

Acara ini langsung dibuka oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH. Dalam sambutannya beliau menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Workshop yang diselenggarakan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan penyelarasan pemahaman antara pemangku kebijakan, stakeholders dan Pemerintah Desa khususnya terkait penggunaan Dana Desa guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih transparan, akuntabel dan efektif serta tertib dan disiplin anggaran. 

 

"Saya katakan penting karena kegiatan ini menjadi wadah kita semua untuk saling berkomunikasi tentang bagaimana mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan Desa dan pembangunan Desa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan peraturan

pelaksanaannya sehingga ke depan 288 desa dalam Kabupaten Banyuasin menjadi desa yang unggul, maju, mandiri dan sejahtera dalam segala bidang dengan berbasis pemberdayaan masyarakat desa sebagai subjek pembangunan," jelasnya.

 

"Diketahui di Tahun 2020 ini, Dana Desa banyak digunakan untuk penanggulangan Covid 19 dan juga berdasarkan intruksi Pusat Dana Desa digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan juga diperoleh dari Pusat untuk penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Banyuasin," ungkap Askolani.

 

"Saya berharap Dana Desa ini digunakan tepat sasaran, terpadu dan sesuai dengan harapan masyarakat di Desa masing-masing. Oleh karena itu kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Desa masing-masing, bukan sesuai dengan keinginan Kepala Desa," pintanya.

 

Workshop kali ini dilakukan diskusi panel yang langsung dimoderatori oleh Bupati Banyuasin dengan Narasumber, Anggota Komisi 11 DPR RI, Fauzi H.Amro, M.Si, Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, Dra. Farida Kurnianingrum, MM, Kepala KPPN Sekayu, Abdullah, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa, Adil Hamonangan Pangihutan.

 

Turut hadir FORKOMPIMDA Kab. Banyuasin, Kepala OPD Kab. Banyuasin, Kepala KP2KP Sekayu, Iskandar Zulkarnain, Kepala KP2KP Pangkalan Balai, Agung Budi Sulistyo, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Banyuasin.

 

 (Diskominfo/PKP).

Bagikan berita melalui