MOBILE VCT OLEH PUSKESMAS I NEGARA, UPAYA HILANGKAN STIGMA NEGATIF WARGA BINAAN

26-05-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

NEGARA – Jumat (26/05) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) melaksanakan kegiatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) HIV terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Ruang Aula Garuda Wisnu Kencana Rutan Negara. Dalam penyelenggaraan kegiatan ini Rutan Negara bekerjasama dengan Puskesmas I Negara.

VCT HIV dilakukan untuk mengetahui status HIV dengan tes serologi dan melalui proses konseling terlebih dahulu dalam upaya deteksi dini penularan penyakit menular HIV.

Sebanyak 50 orang WBP yang merupakan warga binaan baru serta WBP berisiko pada Rutan Negara menjadi peserta VCT hari ini. Beberapa peserta tampak ketakutan dengan suntikan jarum. “Awalnya takut soalnya sebelumnya disuntik darahnya banyak. Ternyata sekarang cuman suntik sedikit di jari. Cepet dan ngga terlalu sakit,” ujar salah satu WBP.

“Kegiatan ini memang rutin kita laksanakan tiap empat bulan sekali. Jadi kalau ada yang reaktif (positif), kita berikan pengobatan untuk mencegah penularan. Hal ini juga sebagai upaya mengurangi stigma negatif WBP dekat dengan narkoba dan HIV,” ucap Juli Tresna salah satu perawat Rutan Negara.


Bagikan berita melalui