Sehat, 7 Ton Daging Kerbau Tujuan Mataram

29-09-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
Daging sapi dan kerbau merupakan salah satu bahan pangan favorit bagi sebagian besar masyarakat di daerah Cakra Negara, Mataram. Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani tersebut, DMH sebagai salah satu suplier daging mendatangkannya dari Jakarta Timur, Bandung, dan Cirebon.
Pada Kamis malam (24/9), pejabat Karantina Pertanian Surabaya wilker pelabuhan penyeberangan Ketapang melakukan pemeriksaan 7 Ton daging kerbau beku milik DMH yang dikirim dari Bandung. Selain dokumen, juga dilakukan pemeriksaan fisik dan kelayakan alat angkut.
“Kami selalu melakukan pemeriksaan pada setiap komoditas pertanian yang dilalulintaskan melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang sesuai dengan prosedur standar operasional (SOP), termasuk daging kerbau beku ini. Kami pastikan bahwa daging kerbau tersebut aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) sebelum dilalulintaskan ke Mataram” ungkap Yeni Lusiana, dokter hewan karantina yang bertugas.
Setelah daging kerbau dinyatakan sehat dan layak dilalulintaskan, sertifikat sanitasi produk hewan dapat diterbitkan. Sertifikat ini sebagai jaminan bahwa daging kerbau tersebut memenuhi persyaratan keamanan pangan, sanitasinya baik, kemasan utuh, tidak terjadi perubahan sifat, tidak terkontaminasi serta aman dan layak dikonsumsi.
Bagikan berita melalui