Pelatihan KSM dan KPP untuk berkelanjutan Program Pembangunan DAK Sanitasi 2020

28-09-2020 - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Demi keberlanjutan pemanfaatan Program Sanitasi 2020 yang digulirkan kemen PUPR melalui dana DAK Bidang Sanitasi yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Banyuasin, KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebagai Pengelola dana swakelola dan KPP (Kelompok Pengelola dan Pemanfaatan) sepakat menggelar Pelatihan secara bersama tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Pasca Pembangunan Pengelolaan Air Limbah (Septictank Komunal) dan Persampahan.

                Pelatihan  yang digelar di Hotel Airish Palembang pada tanggal 23 – 25 September 2020 ini selain diikuti oleh 40 KSM dan KPP Penerima manfaat Program Sanitasi DAK 2020 yang berasal dari Kabupaten Banyuasin, juga diikuti oleh 6 KSM dan KPP dari Kota Prabumulih, dan menghadirkan nara sumber yang memang sudah berkompeten dalam pengelolaan air limbah dan persampahan yaitu : Agung Widayanto KSM Pengelola Limbah dari Malang yang menjadi  referensi tentang Keberhasilan Pemanfaatan Air Limbah untuk Hidroponik, Hanar Dono yang merupakan Pengelola Sampah berasal  dari Kabupaten PALI yang telah mendapat Penghargaan Presiden RI atas Inovasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah, dan begitu pula pak Robi Sandra yang secara Mandiri telah berhasil mengelola sampah dari Provinsi  Lampung.

                Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab. Banyuasin   Ir. H. Zulkifli Idrus, M. TP yang membuka secara resmi Pelatihan tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada KSM dan KPP yang secara mandiri bersama menggelar acara ini, dalam sambutannya berliau menyampaikan pesan kepada KSM dan KPP hendaknya setelah Program Pembangunan ini dilaksanakan tidak ada lagi infrastruktur yang menyisakan Pekerjaan Rumah (PR) namun infrastruktur yang dibangun ini dapat dikelola secara optimal dan dapat menambahkan Penghasilan untuk masyarakat.

 

Bagikan berita melalui