PULAU RIMAU JAGA TRADISI GOTONG ROYONG

25-09-2020 - Kecamatan Pulau Rimau — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Pulau Rimau, 25 September 2020
Pemerintah Kecamatan Pulau Rimau terus mengajak Pemerintah Desa untuk terus menggalakan dan menjaga tradisi turunan dari nenek moyang kita, yaitu gotong royong, karena memang banyak manfaat yang diperoleh dari gotong royong itu sendiri.

Pekerjaan berat menjadi ringan, yang susah menjadi mudah karena dikerjakan secara bersama. Bisa juga sebagai ajang sìlaturahmi masyarakat, bahkan bisa dijadikan sarana untuk mencarikan atau menyelesaikan suatu problem yang terjadi di masyarakat.

Pada hari ini jumat 25 September 2020 diadakan kegiatan gotong royong oleh unsur Pemerintah Kecamatan Pulau Rimau serta dengan diikuti secara bersamaan pemerintah desa di 17 desa, yang melibatkan seluruh unsur masyarakat tanpa terkecuali.

Selain itu kegiatan gotong royong itu sendiri merupakan bagian dari 7 gerakan yang digaungkan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Sekedar mengulas ulang bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin mencanangkan 7 gerakan, yaitu gerakan gotong royong, gerakan tanam sayur dan buahan, gerakan membayar zakat, infak sadaqoh, gerakan sholat dhuha dan magrib mengaji, gerakan pembangunan rumah tahfidz, gerakan memelihara ternak, ayam dan unggas,dan gerakan program bedah rumah.

Tentu kita harus mendukung dan mensukseskan 7 gerakan tersebut salah satu yang termasuk dalam bagianya gerakan gotong royong.

Pada hari ini kami bersama masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong penimbunan jalanan bersama BPD, perangkat dan masyarakat desa kata Subandi Kepala Desa Rukun Makmur.

Kami sudah berkomitmen akan terus menjaga tradisi gotong royong ini agar tidak hilang dari masyarakat Pulau Rimau, biarlah zaman dan waktu berganti tetapi tradisi tradisi yang mengandung nilai manfaat besar untuk kebaikan masyarakat jangan sampai pudar digerus kemajuan zaman dan tehnologi tambah subandi.

Ditambahkan pula oleh Andi Purnomo Kepala Desa Senda Mukti dalam setiap momen kami selalu menginformasikan visi, misi, 7 program prioritas dan 7 gerakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin kepada masyarakat, agar mereka memahami bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin memiliki program dan gerakan yang senantiasa memperhatikan dan mempertahankan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Banyuasin, Pulau Rimau khususnya.

Pada tanggal 19 September 2020 yang lalu kita juga bersama seluruh unsur Pemerintah Desa telah melakukan kegiatan cleanup dan pilah sampah, menuju Indonesia bersama, kita membersihkan lingkungan dari sampah- sampah dengan memilah dan mengumpulkan sampah yang masih ada nilai manfaat untuk di pergunakan kembali. Kemudian hari ini kita lanjutkan dengan kegiatan gotong royong bersama, kita tetap semangat dan terus berupaya karena bersih itu pangkal kesehatan terang Putra Samudra, S.Pd.I,.M.Si.

Terpisah, Camat Pulau Rimau Drs. Edhi Haryono meminta kepada masyarakat Pulau Rimau untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan, mari kita dukung 7 gerakan Pemerintah Kabupaten Banyuasn, galakan gotong royong dilingkungan kita masing-masing, karena dengan bergotong royong kebersamaan akan terus terjaga. Sehingga Banyuasin bersih dan sehat dapat kita wujudkan bersama.

Bagikan berita melalui