HERMAN DERU : ASKOLANI BUPATI YANG INOVATIF

17-09-2020 - Kecamatan Banyuasin III — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Pangkalan Balai - Serah terima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tahun 2020 dan Launching Program Bantuan Rumah kepada masyarakat (PRO RAKYAT) serta Launching Sistem Informasi Rekomendasi IMB Banyuasin (SIRIMBA) berlangsung di Talang Kebang, Kel. Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Rabu (16/09).

Jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Banyuasin terus berkurang. Sampai saat ini dari 43.962 RTLH, sejak tahun 2016 hingga tahun 2020, telah dilaksanakan Program BSRS sebanyak 3.824 unit dan masih tersisa sebanyak 40.138 RTLH.

“Dengan sisa jabatan Bupati, bersama Pakde Slamet (Wabup) dalam tiga tahun ini, kami bertekad menuntaskan tidak ada lagi RTLH di Banyuasin,” ujar Askolani

Untuk itu, Pemkab Banyuasin akan meminta bantuan kementerian PU PR Republik Indonesia, Pemprov Sumsel, Baznas, dan CSR perusahaan.

Kemudian, dirinya meminta kepada kepala desa, untuk menganggarkan dana desa (DD) agar dapat digunakan untuk membedah 5-10 rumah warga tiap tahun. “Itu sudah kita laksanakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, usai melaksanakan bedah rumah tidak layak huni. Nantinya masyarakat akan langsung mendapatkan izin mendirikan bangunan.

“Ini merupakan program kita, yaitu program Sistem Informasi Rekomendasi IMB untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (SI RIMBA),” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya memberikan Apresiasi kepada H. Askolani sebagai Bupati yang Inovatif.

"Mudah-mudahan Pak Askolani tidak hanya mendapat kecintaan dari masyarakat, tetapi juga do'a dari masyarakat agar dapat memimpin Kabupaten Banyuasin ini dengan penuh sentuhan-sentuhan pembangunan," ungkapnya

Tak hanya itu, Gubernur berjanji akan mengalokasikan bantuan sekitar Rp10 miliar untuk bedah rumah tidak layak huni di Kabupaten Banyuasin pada tahun 2021 mendatang. “Diharapkan dengan Rp 10 miliar itu, minimal bisa bedah rumah sebanyak 1.000 rumah,” katanya.

Dalam program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) tersebut, Kabupaten Banyuasin menerima sekitar 651 unit di 2020. (ars) 

Bagikan berita melalui