Tingkatkan Pelayanan, Bea Cukai Kualanamu Soft Launching Customs Declaration Online

01-08-2018 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara

Direktorat Jenderal Bea Cukai terus berbenah untuk mempercepat dan mempermudah proses proses birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, Bea Cukai Kualanamu,yang merupakan institusi dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, mengadakan Soft Launching CD (Customs Declaration) Online yang diadakan di Aula Cakrawala Bea Cukai Kualanamu, senin, 03 Juli 2018. Acara dihadiri oleh 40 peserta, yang merupakan stakeholder / pengguna jasa Bea Cukai Kualanamu, seperti PPJK, Sarana Pengangkut berupa Maskapai penerbangan, dan institusi bandara lainnya. Selain acara Soft Launching, diadakan juga acara sosialisasi PMK. 158 mengenai manifes, dan juga penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 (manajemen mutu).

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta acara, kemudian dilanjutkan dengan Sosialisai PMK 158 Tahun 2017 tentang RKSP dan Manifes.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai penerapan CD Online di Bandara Internasional Kualanamu oleh Kasubsi Hanggar Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Kualanamu, Bambang Astono, yang kemudian dilanjutkan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro. Dalam penjelasannya, CD Online merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bea Cukai Kualanamu untuk mempermudah birokrasi dan pelayan kepada masyarakat, sejalan dengan misi pemerintah untuk mempercepat dan mempermudah birokrasi dan pelayanan,”Kami ingin menunjukkan bahwa legal itu mudah. Sekarang penumpang yang datang dari luar negeri tidak perlu lagi mengisi dan menulis formulir CD di pesawat atau ketika datang. Mereka bisa mengisi lewat website atau mengunduh aplikasinya lewat Playstore jika menggunakan smartphone Android di waktu luang mereka. Proses pengisian itu akan menghasilkan QR Code. Nantinya penumpang tinggal menunjukkan QR Code ini ke petugas Bea Cukai.” ujar Bagus. Bagus juga meminta dukungan kepada stakeholder terutama Maskapai Penerbangan untuk membantu mensosialisasikan CD Online ini ke penumpang penerbangan internasional, mengingat rencananya program CD Online ini tidak hanya dilakukan di Bandara Internasional Kualanamu, namun di semua Bandara Internasional di seluruh Indonesia.

Soft Launching kemudian dilakukan oleh Bagus Nugroho. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 mengenai manajemen mutu terhadap 17 pelayanan Kepabaeanan di Bea Cukai Kualanamu oleh Toni Soenanto selaku Komisaris Lembaga Sertifikasi ICSM. Dalam pidatonya, Toni mengucapkan selamat kepada Bea Cukai Kualanamu yang telah lulus serifikasi ISO, sembari menambahkan bahwa hal ini jangan membuat Bea Cukai Kualanamu jemawa, dan mengingatkan bahwa Lembaga Serifikasi tetap akan meninjau secara berkala  pelaksanaan pelayanan yang mendapatkan ISO tersebut.

Acara hari itu ditutup dengan foto bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Bagikan berita melalui