40 Ribu Day Old Chick (DOC) tujuan Bali Dipastikan Sehat

31-08-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
40 Ribu Day Old Chick (DOC) tujuan Bali Dipastikan Sehat
Surabaya (28/8). Day old chick (DOC) merupakan salah satu komponen produksi ternak (sapronak) untuk usaha peternakan. Kualitas DOC sangat menentukan kualitas ayam/produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan DOC, Pulau Bali mendatangkannya dari Jawa Timur.
Pada 27 Agustus 2020, Pejabat Karantina Pertanian Surabaya Wilker Pelabuhan Penyeberangan Ketapang -Banyuwangi melakukan pemeriksaan 40 ribu DOC di atas alat angkut ( 2 Chick Van).
DOC dari jenis Broiler milik PT. JCI dari Hatchery di Kediri - Jawa Timur tersebut hendak dikirim ke kandang komersial yang tersebar di beberapa kabupaten di Pulau Bali.
Pemeriksaan yang dilakukan meliputi: pemeriksaan dokumen, fisik dan kelayakan alat angkut (Chick Van).
Pemeriksaan fisik diantaranya memastikan kesesuaian jumlah dan jenis, status present, serta pengamatan klinis DOC.
Sedangkan pemeriksaan dokumen untuk memastikan kelengkapan, kebenaran, dan keabsahan dokumen persyaratan yang menyertai.
Pemeriksaan kelayakan alat angkut bertujuan melihat aspek kejahteraan hewan selama perjalanan terpenuhi, yaitu kapasitas alat angkut, ventilasi, rak box DOC, serta diesel engine standby.
Yeni Lusiana, dokter hewan yang bertugas menjelaskan: “pemeriksaan ini merupakan standar tindakan karantina yang kami lakukan terhadap lalulintas komoditas pertanian (hewan) yang melalui pelabuhan penyeberangan ketapang, untuk memastikan komoditas yang dilalulintaskan tersebut sehat”.
Setelah serangkaian pemeriksaan selesai, DOC dinyatakan sehat dan layak maka Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) sehingga DOC dpt menyeberang ke Bali.
Bagikan berita melalui