Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik di Bea Cukai Kualanamu

30-07-2018 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara

Hari Kamis, 15 Maret 2018, Bea Cukai Kualanamu Kedatangan Tim Penilai KPT (Kantor Pelayanan Terbaik) dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Hal ini berkaitan dengan berhasilnya Bea Cukai Kualanamu masuk ke dalam 8 Besar Nominasi Kantor Pelayanan Terbaik Se- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2018. Tim Penilai KPT sendiri beranggotakan Siswo Suharto, Wahyudi Ardiyanti, dan M. Saptari. Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara, dan juga stakeholder / pengguna jasa yang selama ini melakukan kegiatan kepabeanan di Bea Cukai Kualanamu.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada pengguna jasa atas kehadiran serta kerja sama yang telah dilakukan selama ini. Beliau menekankan bahwa Kantor Pelayanan Terbaik bukanlah sebuah tujuan, namun sebuah awal untuk membangun kantor yang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Beliau juga menyatakan bahwa keberhasilan perusahaan stakeholder sangat dipengaruhi oleh kinerja Bea Cukai Kualanamu dalam memberikan pelayanan yang cepat dan akurat, dan kepuasan stakeholder ­dan customer dari stakeholder merupakan tujuan dari pelayanan Bea Cukai Kualanamu. Beliau juga menyatakan fakta bahwa Bea Cukai Kualanamu bisa ikut bersaing dalam Kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik tidak lepas dari koordinasi antara semua pihak termasuk pengguna jasa yang selama ini bekerja sama dengan Bea Cukai Kualanamu. Bagus menambahkan bahwa Bea Cukai Kualanamu akan berusaha untuk menjadi semakin baik, dan meminta pengguna jasa jangan ragu untuk menyampaikan masukan – masukan yang bersifat membangun untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Bea Cukai Kualanamu.

Acara kemudian dilanjutkan oleh kata sambutan dari Tim Penilai yang diwakili oleh Siswo Suharto. Beliau mengatakan bahwa sejak pendiriannya Bea Cukai Kualanmu memang sudah ditargetkan untuk menjadi Kantor Bea Cukai modern. Beliau mengaku bangga bahwa dalam kurun waktu kurang lebih 3 (tiga) tahun sejak pendiriannya, Bea Cukai Kualanamu sudah memiliki kapasitas dan kualitas untuk mengikuti kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik.

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan kegiatan utama, yaitu Survey Kepuasan Pengguna Jasa dalam rangka penilaian Kantor Pelayanan Terbaik. Pengguna jasa yang hadir diminta mengevaluasi pelayanan yang selama ini telah diberikan oleh Bea Cukai Kualanamu. Mereka diminta untuk mengisi formulir yang berisikan kriteria – kriteria yang telah diteapkan oleh tim penilai. Pegwai Bea Cukai Kualanamu sendiri tidak boleh berada di tempat untuk memastikan penilaian tidak bias dan benar – benar objektif.

Setelah pelaksanaan survey, tibalah kepada kegiatan utama yang kedua, yaitu tinjauan lapangan langsung oleh Tim Penilai. Dalam tinjauannya, tim penilai berkeliling meninjau proses bisnis yang selama ini dilaksanakan di Bea Cukai Kualanamu, berinteraksi secara langsung kepada petugas yang berada di lapangan, dan juga kepada pengguna jasa. Sembari meninjau, Tim Penilai juga memberikan rekomendasi – rekomendasi untuk perbaikan atas pelayanan yang telah diberikan Bea Cukai Kualanamu selama ini.

Tinjauan lapangan berakhir pukul 17.30 WIB. Diharapkan dengan adanya penilaian dan kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik ini,  Bea Cukai Kualanamu dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanannya, dan memacu kantor lain untuk juga bersama – sama meningkatkan mutu pelayanan kepada pengguna jasa / masyarakat.

Bagikan berita melalui