Buktikan Konsistensi Penerapan Standar, BBUSKP Gelar Audit Eksternal

27-08-2020 - Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian — Badan Karantina Pertanian

Buktikan Konsistensi Penerapan Standar, BBUSKP Gelar Audit Eksternal

Jakarta (12/08) — Karantina Pertanian Uji Standar (BBUSKP) menggelar surveilans kedua SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dan SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Acara dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 12-13 Agustus 2020 yang dilakukan dengan metode jarak jauh (remote audit).

Kegiatan tersebut dibuka oleh plh. Kepala BBUSKP, Edhy Kristiyanto dan diikuti oleh seluruh jajaran struktural BBUSKP, serta auditor eksternal dari lembaga sertifikasi PT Garuda Sertifikasi Indonesia.

“Kita ketahui bahwa audit kali ini merupakan pengalaman pertama kali secara remote audit. Dilakukannya audit ini untuk melihat kesesuaian penerapan antara kebijakan yg telah ditetapkan dengan penerapannya,” ujar Edhy.

Metode audit yang digunakan adalah metode sampling dengan melakukan tinjauan dokumentasi dan rekaman, wawancara, serta observasi lapangan.

“Dengan adanya audit eksternal ini diharapkan dapat memotret kekurangan-kekurangan yang dapat kita jadikan untuk bahan peningkatan pelayanan pengujian di BBUSKP khususnya penerapan SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 37001:2016,” tutup Edhy.

Audit eksternal ini juga sebagai salah satu penilaian untuk melihat efektivitas penerapan sistem manajemen mutu dan anti penyuapan yang telah diterapkan di BBUSKP secara terintegrasi.

#LaporKarantina

#KarantinaPertanianUjiStandar

Bagikan berita melalui