Pengarusutamaan Gender Dalam Apel Maret 2018

30-07-2018 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara

Bea dan Cukai Kualanamu kembali melaksanakan kegiatan apel bulanan pada hari Selasa (06/03) di lapangan KPPBC TMP B Kualanamu. Tepat pukul 07.10 wib, Kasubsi Hanggar Pabean, Selagina Wati selaku Perwira Apel mulai mengecek kelengkapan anggota apel. Pegawai Berprestasi Kemenkeu 2017 ini kemudian menyiapkan seluruh peserta apel dan apel dimulai dengan suasana yang sangat khidmat.

Dalam pelaksanaan apel kali ini, Kepala KPPBC TMP B Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro selaku Pembina apel memberikan amanat tentang Pengarusutamaan Gender. Pengarusutamaan Gender yang dimaksud adalah memberikan fasilitas atau pelayanan sesuai dengan kodratnya masing-masing, tidak hanya pria dan wanita saja, tetapi juga orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus atau difabel.

KPPBC TMP B Kualanamu sudah menerapkan beberapa fasilitas untuk wanita yaitu ladies parking dan untuk orang-orang berkebutuhan khusus yaitu jalan yang bisa dilalui lebih mudah oleh mereka dan juga disediakan toilet difabel. “Wanita bisa melakukan dua hal yang berbeda dalam satu waktu, tetapi tidak untuk pria. Pria hanya dapat melakukan satu kegiatan dalam satu waktu. Tetapi pria memiliki insting yang lebih baik daripada wanita,’’ tegas Bagus dalam arahannya.

Pada akhir amanat, Bagus Nugroho juga menyampaikan bahwa KPPBC TMP B Kualanamu sedang mengikuti penilaian untuk Kantor Pelayanan Terbaik (KPT). Beliau berharap bahwa proses ini sangatlah penting dalam membangun kinerja dan meningkatkan pelayanan kepada stakeholders. Dan apel pun kemudian ditutup dengan doa.

Bagikan berita melalui