GONG KEBYAR Sarana Internalisasi Nilai-Nilai Kemenkeu ala KPPN Singaraja

30-07-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Singaraja — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali

Singaraja, 30 Juli 2018

Sebagai sebuah organisasi besar yang konsisten dengan komitmennya untuk menjadi organisasi yang modern dan profesional, Kementerian Keuangan mempunyai nilai-nilai yang menjadi acuan bagi para pegawainya dalam berperilaku, bekerja dan berkinerja. Nilai-nilai tersebut meliputi nilai Integritas, Profesional, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Nilai-nilai inilah yang harus selalu disosialisasikan karena menjadi landasan bagi seluruh insan Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia, termasuk Insan Perbendaharaan (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) di seluruh tanah air dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Sebagai salah satu unit vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Provinsi Bali, KPPN Singaraja juga selalu aktif melakukan sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Kemenkeu tersebut, khususnya kepada para pegawai KPPN Singaraja. Hal ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut dalam diri seluruh insan perbendaharaan Singaraja sebagai acuan dalam berperilaku dan dalam melaksanakan tugas fungsinya, khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada para pemangku kepentingan. Prilaku yang dijiwai oleh nilai Kemenkeu akan mewujudkan sebuah layanan prima yang pada gilirannya akan memberikan kepuasan bagi para pemangku kepentingan.

Seperti halnya unit kerja lingkup Kementerian Keuangan lainnya, internalisasi pada KPPN Singaraja dilakukan melalui berbagai sarana dan media, seperti Briefing Pagi, GKM (Gugus Kendali Mutu), FGD (Focused Group Discussion), Sosialisasi dan Capacity Building. Disamping cara-cara yang lazim tersebut, ada satu cara yang unik dan anti-mainstream yang hanya ada di KPPN Singaraja. Cara intenalisasi dengan menggunakan media seni budaya yang merupakan kearifan lokal masyarakat Bali. Adalah seni budaya gamelan Bali “Gong Kebyar” yang merupakan sarana internalisasi ala KPPN Singaraja.

Gong Kebyar adalah gamelan Bali yang memadukan berbagai alat musik gamelan seperti pengenter, kenong, bonang, kempul, dan gong dan ditata secara apik sehingga menghasilkan irama yang harmonis dan rancak. Pembentukan tim gamelan Bali GONG KEBYAR KPPN Singaraja telah berlangsung cukup lama, lebih dari satu tahun, tepatnya di penghujung tahun 2016 kegiatan Gong Kebyar di KPPN Singaraja telah dimulai. Gong Kebyar KPPN Singaraja tidak saja menjadi sarana hiburan dan upaya pelestarian budaya daerah, melainkan menjelma menjadi sarana penguatan sinergi serta media internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Lima nilai Kemenkeu terangkum dalam Gong Kebyar KPPN Singaraja. Integritas ditunjukkan dari konsistensi dan komitmen pegawai dalam menabuh alat musik gamelan sesuai dengan nadanya. Profesional tergambar dari kompetensi pegawai dalam menabuh sehingga menghasilkan irama yang harmonis. Sinergi terlihat jelas ketika ragam alat musik gamelan tersebut mampu diramu dengan tata musik yang apik menjadi sebuah irama yang rancak dan indah didengar. Kesabaran penabuh dalam mengikuti alunan nada dan saling melengkapi dalam menabuh merupakan wujud dari adanya nilai Pelayanan. Terakhir, nilai Kesempurnaan dilukiskan melalui antusiasme seluruh pegawai KPPN Singaraja untuk terus berlatih meningkatkan kompetensi menabuhnya dan untuk menghasilkan beberapa album lagu gong Bali melalui Gong Kebyar KPPN Singaraja.

Melalui Gong Kebyar KPPN Singaraja, kebersamaan seluruh pegawai terasa semakin akrab, cair dan menguat. Mental dan perilaku pegawai KPPN Singaraja juga terbentuk dengan sangat apik seiring dengan apiknya tata musik Gong Kebyar gamelan Bali, dan keduanya sangat selaras dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Akhirnya semoga nilai Kemenkeu bisa terus menjiwai seluruh tindakan dan perilaku insan Perbendaharaan di KPPN Singaraja khususnya, dan di seluruh Indonesia pada umunya, sehingga keberadaan organisasi Ditjen Perbendaharaan dan Kementerian Keuangan benar-benar bisa menjadi motor penggerak suksesnya pembangunan nasional demi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. (SLA_KPPN132).

Dari KPPN Singaraja Untuk Indonesia !

Gong Kebyar KPPN Singaraja Siap Mengguncang Dunia !!!

Bagikan berita melalui