Meriahnya Kombur Bareng Menteri Keuangan

27-07-2018 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara

Semangat dan kinerja Pegawai Kementerian Keuangan di Provinsi Sumatera Utara di tahun 2018 menjadi semakin tinggi dengan kedatangan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati beserta Pejabat Eselon I di Kementerian Keuangan termasuk Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Heru Pambudi yang menghadiri acara Kombur Bareng Menkeu yang bertempat di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara (GKN) Medan pada hari Selasa (16/01). Sri Mulyani menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya ke Medan dalam rangka melaksanakan tugas dan sangat senang sekali bisa bertemu dengan seluruh jajaran di Kementerian Keuangan di lingkungan Sumatera Utara. Dalam acara ini, Kepala KPPBC TMP B Kualanamu, Bagus Tamtomo Nugroho Putro turut hadir didampingi beberapa pejabat Eselon IV di lingkungan KPPBC TMP B Kualanamu.

Dalam arahannya, Sri Mulyani mengawali pengarahannya dengan selamat tahun baru dan ucapan terima kasih atas selesainya pengelolaan keuangan pada tahun 2017 dengan sangat baik. Kemudian beliau menyampaikan tentang keuangan negara dan bagaimana sikap kita menghadapi tahun 2018 sebagai tahun politik. Ia juga memaparkan bahwa jajaran Kementerian Keuangan telah bekerja dengan sangat baik. Hal tersebut bisa dilihat dari sisi penerimaan negara, belanja negara, defisit dan kekayaan negara.

Pada kesempatan ini juga, Sri Mulyani mengapresiasi kinerja DJBC dengan pencapaian target penerimaan di atas 100%. Apresiasi ini disampaikan langsung ke Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi yang ikut mendampingi Menteri Keuangan dalam menyampaikan arahan. Selain itu dari sisi belanja negara, Sri Mulyani juga mengapresiasi untuk di tahun 2017 untuk pertama kali terdapat belanja sosial ke nelayan usaha kecil di Belawan. Belanja sosial tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian nelayan usaha kecil dikemudian hari.

“Saya wanti-wanti Kementerian Keuangan harus mampu menjadi contoh bagi kementerian lain bahwa kita bisa bekerja optimal, profesional, tetap menjaga integritas, menuju kesempurnaan dan saling sinergi namun tetap efisien,” tutur Sri Mulyani kepada ratusan pegawai Kementerian Keuangan di Provinsi Sumatera Utara yang hadir pada malam itu.

Sri Mulyani mengingatkan agar seluruh jajaran Kementerian Keuangan bekerja sama menjaga momentum untuk mencapai target di tahun 2018. Beliau juga menyampaikan bahwa kita boleh bangga tetapi jangan terlena. “Kita kerja dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, tolong itu jangan hanya diingat dan ditempel di dinding,” tegasnya.

Terakhir, Sri Mulyani memyampaikan pesan agar seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang telah didapat dari pengalaman-pengalaman selama bertugas. Pengalaman-pengalaman tersebut agar diambil, dibukukan, di-capture kemudian dibagikan kepada rekan-rekan lainnya. Karena orang bisa pergi dan berganti tetapi pengalaman itu tetap tinggal dan menjadi milik Kementerian Keuangan dan rakyat Indonesia.

Selanjutnya acara dilanjutkan ramah tamah (KOMBUR bareng Menkeu), dalam acara meriah ini Menteri Keuangan ikut menyumbangkan lagu Sai Anju Ma Au. Selain itu, Kombur ini juga dimeriahkan oleh para relawan Kemenkeu Mengajar 2 Medan dan Tebing Tinggi dengan membawakan flash mob yang diiringi lagu Wa E Wa E O (Kita Bisa). Di pertengahan flash mob, para relawan mengajak Sri Mulyani dan Pejabat Eselon I lainnya untuk menari bersama.

Acara ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar pegawai Kementrian Keuangan se-Sumatera Utara dan dapat menumbuhkan semangat kerja yang makin tinggi dengan hadirnya Menteri Keuangan.

Bagikan berita melalui