DJPb Konsisten Tingkatkan Kompetensi Change Agent: CA KPPN Singaraja Hadir dalam Change Agent Summit 2018 - Batch III

27-07-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Singaraja — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali

Catatan dari Change Agent Summit 2018 (Batch III)

Jakarta, 20-22 Juli 2018

Pecenongan Jakarta, 22 Juli 2018

Change Agent Summit merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan dengan mengundang para Change Agent DJPb dari berbagai unit di seluruh Indonesia. Tak terkecuali change agent KPPN Singaraja turut hadir pada Batch III kegiatan tahunan ini. Kegiatan yang luar biasa ini merupakan ikhtiar yang sangat baik dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan untuk tetap konsisten dan terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi para Change Agentnya sebagai katalisator Budaya Organisasi dan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Kegiatan yang mengambil tema “Berbudaya di Era Digital” ini menghadirkan narasumber Pak Dadang dari Rumah Perubahaan pimpinan Prof. Reynald Kasali. Pak Dadang menyampaikan bahwa di era digital ini organisasi harus tetap menjaga nilai-nilai budaya organisasi. Beliau juga menambahkan bahwa organisasi yang berbudaya di era digital mempunyai beberapa karakteristik, yaitu  high level of agility, budaya organisasi yang cukup kuat (strong corporate culture), dan self driven mentality.

Dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Alila, Pecenongan ini, orong nomor satu DJPB, Bapak Dirjen Perbendaharaan, DR. Marwanto Harjowiryono, MA, juga menyempatkan hadir dan memberikan arahannya yang luar biasa. Dalam arahannya kepada para Change Agent, beliau berpesan yang intinya agar para pejabat Eselon III sebagai Change Agent di era digital harus semakin cerdas dan hati-hati dalam menggunakan media sosial, serta harus senantiasa menjaga perilaku yang selaras dengan budaya organisasi dan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Change Agent Summit ini diakhiri dengan sesi game yang heboh dan seru, internalisasi Budaya Organisasi melalui permainan “Ular Tangga”. Budaya Organisasi DJPB yang ditetapkan dengan Kepdirjen Perbendaharaan Nomor 637 Tahun 2017 berisi enam nilai yang diakronimkan dengan kata SMILE_C, yaitu Share dan Care, Modern, Innovative, Learn, Efektif Efisien dan Commitment. Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Singaraja aktif menyerap ilmu yang disampaikan para narasumber. Mater inilah yang selanjutnya akan diinternalisasi di lingkkungan internal KPPN Singaraja.

Change Agent Summit diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Change Agent yang mampu menjadi katalisator dan turut mewarnai unit kerjanya sehingga tercipta lingkungan yang mendukung diimplementasikannya Budaya Organisasi dan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, serta pada gilirannya seluruh SDM Ditjen Perbendaharaan berperilaku sesuai dengan Budaya Organisasi dan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Bagikan berita melalui