Direktur RSU Haji Surabaya menghadiri peresmian pelayanan,pendidikan dan riset penyakit menular di RSUD Dr.Sutomo Surabaya

17-07-2020 - Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur — Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pada hari Jumat tanggal 17 Juli 2020, Ibu Direktur RSU Haji Surabaya mengikuti peresmian gedung pelayanan, pendidikan dan riset penyakit menular milik RSUD Dr. Sutomo Surabaya. Hal tersebut sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang meminta mendirikan pusat  pelayanan COVID-19 yang melibatkan para saintis, gunakan basis ilmu pengetahuan, dan data sains. Selain itu RSUD Dr. Sutomo juga merupakan RS Pendidikan dan mendukung dalam pelayanan penanganan COVID-19 ini yang memerlukan berbagai riset karena  merupakan penyakit yang disebabkan jenis virus baru yaitu Sars-CoV-2 sehingga perlu berbagai riset untuk memaksimalkan pelayanan dan upaya penanganan pasien.

Ibu Gubernur Jatim menjelaskan bahwa pusat pelayanan ini akan menjadi lebih kuat karena ada dukungan dari para peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS) maupun para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang dikombinasi dengan kekayaan pengetahuan dari para ahli yang ada di RSUD Dr.Sutomo Surabaya.Beliau akan merevisi Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jatim dalam rangka reformasi sistem kesehatan seperti yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

Selain gedung riset, RSUD Dr Soetomo juga meluncurkan satu unit mobile molecular labolatory untuk menambah jangkauan testing yang lebih luas, sehingga dapat segera melakukan perawatan dalam upaya mencegah penularan dengan prinsip 3 T,testing tracing dan treatment untuk memutus mata rantai penularan covid-19 di masyarakat.

Bagikan berita melalui