Selamat Siang Sobat Petani Bangkit Selamat Hari Minggu Berbahagia.

22-07-2020 - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortilkultura — Pemerintah Kab. Banyu Asin

Selamat Siang Sobat Petani Bangkit Selamat Hari Minggu Berbahagia.

Hari Minggu enaknya Makan Ubi kayu(Singkong) Goreng ataupun Ubi kayu Rebus ya, tapi selain itu Ubi kayu itu bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang luar biasa. Ayok Simak ulasan singkat berikut ini ya.

Sering menggunakan tepung tapioka untuk masakan? Tepung tapioka ini berbahan dasar sari pati ubikayu. Ada beberapa info menarik tentang tepung tapioka ini.

Tepung tapioka yang dibuat dari singkong ini punya beberapa nama sebutan lain. Tepung tapioka sering disebut dengan tepung singkong atau tepung kanji.

Dari segi tekstur, tepung tapioka lebih lembut dari tepung terigu. Tepung tapioka terasa licin di tangan sehingga sulit dipegang dengan warna putih susu.

Secara umum, tepung tapioka digunakan sebagai pengental tumisan. Hal ini dikarenakan ciri khasnya yang bening dan mengental saat dipanaskan.

Tepung tapioka cocok digunakan sebagai pengganti tepung maizena. Kalau kamu ingin mengentalkan tumisan seperti capcay, bisa loh menggunakan sedikit tepung tapioka sebagai gantinya.

Tepung tapioka juga memiliki manfaat kesehatan. Tepung tapioka mengandung sangat sedikit protein dan tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, tepung tapioka aman untuk dikonsumsi penderita celiac disease atau gluten intolerance.

Tepung tapioka sering digunakan sebagai campuran pembuatan kerupuk, cireng, bakso, siomay dan kue-kue basah. Karena bersifat mengenyalkan, tepung tapioka membuat beberapa makanan ini agar lebih enak

Banyak petani ubikayu yang memproduksi untuk diolah di industri tepung tapioka. Untuk bisa masuk ke industri tepung tapioka tentu harus kualitas yang bagus dan produksi kontinu. Nah petani juga diarahkan supaya membentuk korporasi agar bisa bermitra dan punya posisi tawar tinggi.

Bagikan berita melalui