PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RSDI BANJARBARU

24-07-2018 - RSD Idaman Kota Banjarbaru — Pemerintah Kota Banjar Baru
INDIKATOR KLINIK
 
NO INDIKATOR JUDUL INDIKATOR TARGET
1 Pelayanan laboratorium Angka Waktu Tunggu Pelayanan Laboratorium
 
< 120 menit
2 Pelayanan radiologi dan diagnostic imaging Angka pengulangan pemeriksaan foto rontgen < 2>
3 Penggunaan antibiotik dan obat lainnya Angka peresepan obat sesuai formularium 90%
4 Penggunaan anestesi dan sedasi Angka kelengkapan pengisian asesmen praanestesi 100%
5 Penggunaan darah dan produk darah Angka pemenuhan permintaan produk darah 100%
6 PPI, surveilans dan pelaporan Tingkat Kejadian Phlebitis pada pasien rawat inap 1.5%
 

 
ANGKA WAKTU TUNGGU HASIL PELAYANAN LABORATORIUM
RSDI KOTA BANJARBARU PERIODE JANUARI S.D MARET 2018
 
Berdasarkan grafik di atas, terlihat bahwa pada indikator waktu tunggu hasil pelayanan laboratorium di RSD Idaman Kota Banjarbaru Tahun 2018 pada bulan Januari 65,88 menit, Februari 73,24 menit, dan Maret 52,96 menit dengan target sebesar ? 120 menit.
 
ANGKA PENGULANGAN PEMERIKSAAN FOTO RONTGEN
RSDI KOTA BANJARBARU PERIODE JANUARI S.D. MARET 2018


Indikator mutu sudah mencapai target, artinya bahwa jumlah pengulangan pemeriksaan radiologi untuk foto rontgen tidak melebihi standar (2%), diharapkan bisa mencapai hasil yang lebih rendah lagi atau minimal dipertahankan.

 
ANGKA PERESEPAN OBAT SESUAI FORMULARIUM RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018
 


Indikator mutu dalam triwulan pertama ini semakin meningkat dan hampir mencapai target, ini disebabkan karena telah dilakukan terus menerus sosialisasi mengenai penggunaan formularium nasional 

 
ANGKA KELENGKAPAN ASSESMEN PRA ANESTESI RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018

Berdasarkan grafik di atas gambaran akan kelengkapan assesmen pra anestesi semakin mendekati taget, hal ini tentu perlu dipertahankan.
 
ANGKA PEMENUHAN KEBUTUHAN PERMINTAAN PRODUK DARAH RSDI KOTA BANJARBARU  PERIODE JANUARI S.D MARET 2018

Berdasarkan grafik di atas pemenuhan kebutuhan darah dari UTD RSDI terus diupayakan, dimana terlihat pada bulan maret hampir mencapai target yang telah ditentukan.
 
ANGKA KEJADIAN PLEBITIS PADA PASIEN RAWAT INAP RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018
 
Berdasarkan data di atas gambaran akan angka kejadian plebitis sempat mengalami penurunan dan meningkat lagi di akhir triwulan pertama namun belum menyentuh prosentase minimal standar kejadian.

 
INDIKATOR MANAJEMEN
NO INDIKATOR JUDUL INDIKATOR TARGET
1 Pelaporan yang diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan Ketepatan waktu pengiriman laporan rutin RS ke Dinkes Kotamadya 100%
2 Manajemen risiko Angka kejadian pasien pulang atas permintaan sendiri (APS) <5>
3 Manajemen penggunaan sumber daya Utilisasi kelas VIP Murai 75%
4 Harapan, kepuasan pasien dan keluarga Kepuasan pasien RSD Idaman Kota Banjarbaru >2,51
 
 
ANGKA KETEPATAN WAKTU LAPORAN RUTIN RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018

Berdasarkan grafik di atas dari periode bulan Januari sampai dengan Maret Tahun 2018, pelaporan bulanan (Lap 10 Besar, surveilan, kematian) ketepatan waktu pelaporan mencapai 100%.
 
ANGKA PASIEN PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI DI RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018

Berdasarkan gambar di atas selama triwulan pertama pada tahun 2018 indikator pasien APS tidak ada yang melampaui dari target yang telah ditentukan, untuk kedepannya standar yang telah ditetapkan ini bias dievaluasi untuk meningkatkan nilainya.
 
ANGKA UTILISASI RUANG VIP RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE FEBRUARI S.D APRIL 2018
Gambaran utilisasi ruang vip RSDI Kota Banjarbaru pada periode Februari sampai dengan April 2018 terus terjadi peningkatan dimana pada awal tahun hanya sebesar 55.25%  dan pada April terjadi peningkatan sampai dengan 73,79% melampaui dari target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 60%. Penurunan nilai utilisasi pada bulan Februari ini disebabkan karena jumlah hari yang hanya sebesar 28 hari serta adanya penggunaan perhitungan baru dalam hal sensus harian di semua ruang rawat inap, sehingga perhitungan bulan januari tidak ada dan ini mempengaruhi akan perhitungan sensus harian rawat inap yang berimbas pada bulan berikutnya.
 
ANGKA KEPUASAN PASIEN RSDI KOTA BANJARBARU
PERIODE JANUARI S.D MARET 2018
 
Gambaran kepuasan pasien di instalasi penunjang berdasarkan indikator penilaian semuanya menunjukkan dalam batas baik yaitu diatas dari nilai 62%.

 
Bagikan berita melalui