Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat RSD Idaman Banjarbaru

24-07-2018 - RSD Idaman Kota Banjarbaru — Pemerintah Kota Banjar Baru
Sebagaimana kita ketahui, pelayanan rumah sakit sangat diperlukan oleh setiap orang  untuk keperluan kesehatanya, maka diharapkan kualitas pelayanan yang baik  dapat menumbuhkan dan mempengaruhi keputusan dan kepercayaan pasien  demi menimbulkan kepuasan pasien untuk menggunakan jasa layanan  kesehatan. RSD Idaman Kota Banjarbaru salah satunya.
Rumah Sakit diharapkan mampu memberikan informasi tentang kesehatan, fasilitas dan jasa  ditawarkan  untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
. Sistem pelayanan kesehatan RSD Idaman Kota Banjarbaru dirancang sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat yang dilayani sesuai dengan misi yaitu memujudkan pelayanan kesehatan yang berdaya saing.
Dalam rangka untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru, RS melakukan survei kepuasan pasien terhadap pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru. Dengan dilaksanakannya survei kepuasan ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam peningkatan mutu pelayanan kedepannya pada RSD Idaman Kota Banjarbaru.
Maksud penyelenggaraan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru adalah untuk mengetahui sejauh mana fokus perhatian masyarakat terhadap desain pelayanan kesehatan yang telah dilakukan oleh RSD Idaman Kota Banjarbaru sehingga dimasa yang akan datang diharapkan terbentuk wujud, karakter dan sistem pelayanan kesehatan lebih baik di RSD Idaman Kota Banjarbaru. dengan hal ini dapat dijadikan tolak ukur untuk mewujudkan pelayanan kesehatan berbasis mutu pelayanan, informatif., dan kooperatif kepada pasien serta sesuai dengan visi, misi, motto dan tujuan RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Tujuan yang ingin dicapai dalam survei kepuasan terhadap mutu pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru ini adalah :
  1. Mengetahui hasil kinerja pelayanan yang telah dilakukan pihak RSD Idaman Kota Banjarbaru.
  2. Mengetahui kehendak masyarakat dalam menentukan wujud, karakter dan sistem pelayanan rumah sakit yang ideal dan memuaskan.
  3. Melakukan pemetaan terhadap masing-masing sumber daya potensial (SDM, sarana-prasarana, sistem pelayanan, kebijakan pelayanan, dan lainnya) tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sumber daya secara akurat dan efektif.
  4. Untuk mengetahui faktor-faktor sumber daya potensial apa sajakah yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dilapangan.
Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru yaitu:
  1. Kinerja pelayanan yang dilakukan pihak RSD Idaman Kota Banjarbaru lebih baik lagi.
  2. Kehendak masyarakat dalam menentukan wujud, karakter dan sistem pelayanan rumah sakit yang ideal dan memuaskan dapat terwujud.
  3. Pemetaan terhadap masing-masing sumber daya potensial (SDM, Sarana-Prasarana, Sistem Pelayanan, Kebijakan pelayanan, dll) tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sumber daya secara akurat dan efektif dapat membawa perubahan lebih baik terhadap kualitas pelayanan
  4. Faktor-faktor sumber daya potensial yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dilapangan dapat diketahui dan dijadikan tolak ukur dalam menjalankan sistem pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru. Kinerja pelayanan yang dilakukan pihak RSD Idaman Kota Banjarbaru lebih baik lagi.
  5. Kehendak masyarakat dalam menentukan wujud, karakter dan sistem pelayanan rumah sakit yang ideal dan memuaskan dapat terwujud.
  6. Pemetaan terhadap masing-masing sumber daya potensial (SDM, Sarana-Prasarana, Sistem Pelayanan, Kebijakan pelayanan, dll) tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sumber daya secara akurat dan efektif dapat membawa perubahan lebih baik terhadap kualitas pelayanan.
  7. Faktor-faktor sumber daya potensial yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan masyarakat dilapangan dapat diketahui dan dijadikan tolak ukur dalam menjalankan sistem pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru.
Survei Kepuasan Masyarakat di RSD Idaman Kota Banjarbaru ini dilaksanakan pada 11 Instalasi,yang meliputi :
1.  Instalasi Rawat Jalan
2.  Instalasi Rawat Inap
3.  Instalasi Gawat Darurat
4.  Instalasi Laboratorium
5.  Instalasi Rehabilitasi Medik
6.  Instalasi Radiologi
7.  Instalasi Farmasi
8.  Instalasi Bedah Sentral
9.  Instalasi Gizi
10. Instalasi persalinan dan perinatologi
11. Instalasi Transfusi Darah

Instrumen yang digunakan dalam survei ini adalah kuisioner yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Permenpan 14 Tahun 2017, meliputi unsur persyaratan, system-mekanisme-prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan,saran dan masukan,, sarana dan prasarana. Instrumen yang akan digunakan disediakan oleh Seksi Bina Mutu Pelayanan pada Bidang Pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru dan dibagikan kepada administrator Klinik/ Ruang Rawat Inap/ Instalasi/ Unit untuk keperluan survey.
 
Responden untuk kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat ini diambil dari pasien,atau keluarga pasien yang berkunjung ke 11 Klinik/ Ruang Rawat Inap/ Instalasi/ Unit yang ada di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Dari 12 Klinik/ Ruang Rawat Inap/ Instalasi/ Unit, Jumlah sampel responden adalah 216 responden dari populasi 6 bulan di RS sekarang dari bulan Januari sampai Juni 2018 yang disesuaikan dengan tabel teknik sampling Krecji & Morgan. Karakteristik responden yang diambil, yaitu berdasarkan jam kunjungan, pekerjaan, pendidikan, usia, jenis kelamin responden.
 
Lokasi dan pengumpulan data untuk kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat ini yaitu berada di
RSD Idaman Kota Banjarbaru, dari 0
2 Januari s.d 30 Juni 2018.

Instrumen yang akan digunakan pada survey ini disediakan oleh Seksi Bina Mutu Pelayanan pada Bidang Pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru dan dibagikan kepada administrator Klinik/ Ruang Rawat Inap/ Instalasi/ Unit untuk keperluan survei.

Berikut adalah Hasil pengukuran Kuisioner di RSD Idaman Kota Banjarbaru
 
Tabel 2.1 Profil Responden berdasarkan Jam Kunjungan Periode Januari-Juni 2018
Unit:  Rumah Sakit daerah IDAMAN
No. Unit Kerja Jam Kunjungan   Total 
08.00-12.00 13.00-17.00
1 Rumah Sakit daerah IDAMAN 204 12 216
Jumlah 204 12 216
     
 
Berdasarkan tabel diatas, Jam Kunjungan responden terbanyak adalah pada jam 08.00 – 12.00 (94,4), hal tersebut menggambarkan bahwa Jam Pelayanan produktif  di Instalasi Rawat Jalan RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Grafik 2.1 Distribusi frekuensi jam Kunjungan Responden di RSD Idaman
 
Tabel 2.2 Profil Responden berdasarkan Pekerjaan Periode Januari-Juni 2018
Unit:  Rumah Sakit daerah IDAMAN
No. Unit Kerja Pekerjaan Lainnya
PNS TNI POLRI SWASTA WIRAUSAHA PELAJAR/
MAHASISWA
1 Rumah Sakit daerah IDAMAN 42 2 3 44 34 19 72
Jumlah 42 2 3 44 34 19 72
 
Berdasarkan tabel diatas, Pekerjaan responden terbanyak adalah pada lainnya (94,4 %) bahwa masyarakat yang menggunakan layanan di RSD Idaman Kota Banjarbaru didominasi oleh masyarakat yang bekerja selain PNS/TNI/Polri, Pegawai Swasta, Wiraswasta/ Usahawan, dan Pelajar/ Mahasiswa.
 
Grafik 2.2 Distribusi frekuensi jenis pekerjaan responden di RSD Idaman
 
Tabel 2.3 Profil Responden berdasarkan Pendidikan Periode Januari-Juni 2018
Unit:  Rumah Sakit daerah IDAMAN
No. Unit Kerja Pendidikan   Total 
  SD    SMP    SMA  Diploma   S1  S2 Keatas
1 Rumah Sakit daerah IDAMAN 16 22 109 29 32 8 216
Jumlah 16 22 109 29 32 8 216
 
Berdasarkan tabel diatas, Pendidikan responden terbanyak adalah pada SMA
 ( 50,4 % ) menggambarkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat yang menggunakan layanan RSD Idaman Kota Banjarbaru masih berada di level menengah kebawah.

Grafik 2.3 Distribusi frekuensi Pendidikan responden di RSD Idaman
 
 
Tabel 2.4 Profil Responden berdasarkan Usia Periode Januari-Juni 2018
Unit:  Rumah Sakit daerah IDAMAN
No. Unit Kerja Usia   Total 
<20> 20-31 Tahun 30-41 Tahun 41-50 Tahun 51-60 Tahun >60 Tahun
1 Rumah Sakit daerah IDAMAN 20 67 53 39 28 9 216
Jumlah 20 67 53 39 28 9 216
 
Berdasarkan tabel diatas, Usia responden terbanyak adalah pada usia 20-31 Tahun ( 31,0 % ) bahwa usia produktif  yang lebih banyak menggunakan pelayanan di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Grafik 2.4 Distribusi frekuensi berdasarkan usia responden di RSD Idaman
           
Tabel 2.5 Profil Responden berdasarkan Jenis Kelamin Periode Januari-Juni 2018  
Unit:  Rumah Sakit daerah IDAMAN  
No. Unit Kerja Jenis Kelamin   Total   
Laki-Laki Perempuan  
1 Rumah Sakit daerah IDAMAN 84 132 216  
Jumlah 84 132 216  
           
Berdasarkan tabel diatas, Jenis Kelamin responden terbanyak adalah pada usia 20-31 Tahun ( 61,1 % ) menggambarkan bahwa perempuan masih mendominasi laki-laki dalam hal pemanfaatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Daerah  Idaman.

            Grafik 2.5 Distribusi frekuensi Jenis Kelamin responden di RSD Idaman
 
Tabel 2.6  Unsur Pelayanan Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru
 
No. Unsur Pelayanan Nilai Rata-rata Nilai Interval Konversi IKM Kinerja
1 Persyaratan 3,11 76,61-88,30  
2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur 3,13 76,61-88,30  
BAIK
Rata-Rata Nilai IKM=78,65
3 Waktu pelayanan 3,06 76,61-88,30
4 Biaya/tarif 3,09 76,61-88,30
5 Produk spesifikasi jenis pelayanan 3,18 76,61-88,30
6 Kompetensi pelaksana 3,25 76,61-88,30
7 Perilaku pelaksana 3,22 76,61-88,30
8 Penanganan pengaduan 3,13 76,61-88,30
9 Sarana prasarana 3,13 76,61-88,30
Sumber : Hasil Survei, 2018
 

Berdasarkan hasil diatas, maka nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) antara RSD Idaman Kota Banjarbaru semester I ( Januari s/d Juni ) sudah baik. Hasil ini sesuai dengan ketetapan PERMENPAN RB No.14 tahun 2017 dimana nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berada pada interval 76,61-88,30 sehingga mutu pelayanan di RSD Idaman Kota Banjarbaru dinyatakan B atau kinerja pelayanan unit sudah baik.

2.6 Grafik  Unsur Pelayanan Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbar
 
Berdasarkan hasil perhitungan nilai indeks kepuasan masyarakat Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru terdapat perbandingan penilaian unsur tertinggi dan terendah didalamnya.
Unsur tertinggi dalam penilaian kepuasan masyarakat ada pada unsur kompetensi pelaksana. Pada Unsur kompetensi pelaksana mendapatkan nilai 3,25. Hasil ini menunjukan bahwa mutu pelayanan berada pada interval 76,61-88,30 dengan nilai mutu pelayanan B yang artinya kompetensi pelaksana kinerja unit pelayanan Rumah Sakit Daeerah idaman Banjarbaru sudah baik.
Kemudian pada unsur terendah terdapat pada  unsur pennilaian waktu pelayanan yang mendapatkan nilai 3,06. Hasil ini menunjukan bahwa waktu pelayanan berada di interval 76,61 – 88,30. Berdasarkan hasil tersebut walaupun unsur waktu pelayanan mendapatkan nilai terendah namun masih termasuk dalam nilai interval dengan mutu pelayanan yang sudah baik. Penyebab unsur ini mendapatkan nilai terendah dikarenakan waktu tunggu pelayanan yang flukutatif dikarenakan waktu penanganan terhadap kasus atau pemeriksaan yang berbeda terhadap masing – masing pasien.

 
Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari maka hasil yang didapat adalah hasil dari survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di RSD Idaman Kota Banjarbaru dinyatakan BAIK.

Hal ini sesuai dengan PERMENPAN RB No.16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Tehadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Dimana didalam PERMENPAN RB mengatur bagaimana survei kepuasan masyarakat guna untuk mengetahui mutu pelayanan yang ada di layanan publik tersebut, dalam hal ini layanan publik yang dimaksud adalah RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Namun, meskipun pelayanan tersebut mendapat nilai IKM dengan mutu pelayanan B, masih terdapat beberapa kekurangan yang dirasakan oleh responden. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dan tindak lanjut yang harus dilakukan oleh pihak RSD Idaman Kota Banjarbaru. Perbaikan yang diharapkan masyarakat terdapat pada sub bab yaitu tindak lanjut perbaikan seperti dibawah ini.

Untuk tindak lanjut  perbaikan yang direkomendasikan adalah berdasarkan keluhan dan saran yang diambil dari kesimpulan penilaian diatas, yaitu sebagai berikut:
  1. Penambahan SDM seperti dokter spesialis, petugas administrasi dan apoteker di Instalasi Farmasi.
  2. Memperbaiki management dari segi administrasi dan meningkatan mutu pelayanan terutama pada bagian BPJS.
  3. Melaksanakan diklat untuk meningkatkan kompetensi SDM di RSD Idaman Kota Banjarbaru, serta meningkatkan kedisiplinan dan sikap keramahtamahan petugas kesehatan dalam memperlakukan pasien dan pengunjung rumah sakit.


 
Bagikan berita melalui