Bangka Selatan dan Bangka Tengah Optimalkan Luas Tambah Tanam Padi

13-07-2020 - Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian — Badan Karantina Pertanian

Bangka Selatan dan Bangka Tengah Optimalkan Luas Tambah Tanam Padi
.
Bangka - Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, tengah mengoptimalkan luas tambah tanam (LTT) padi di wilayahnya.
.
Realisasi tanam hingga Juli 2020 di Kabupaten Bangka Selatan sekitar 3.744 Ha atau sekitar 38,9?ri target 9.626 Ha. Sementara di Kabupaten Bangka Tengah seluas 135 ha dari target 455 ha atau 29,85%.
.
Melalui dukungan prasarana dan sarana pertanian seperti ketersediaan benih unggul, jaringan irigasi, alat mesin pertanian dan sumber daya manusia, potensi luas tanam padi dioptimalkan untuk mencapai target tanam.
.
Kabupaten Bangka Selatan memiliki luas tanam padi paling besar dibandingkan 3 Kabupaten lainnya di pulau Bangka, salah satunya di Desa Rias Kecamatan Toboali. Peningkatan produktivitas melalui optimalisasi lahan dan sumber daya menjadi fokus utama di wilayah ini. Selain itu ekstensifikasi dengan mencetak lahan sawah baru sedang diupayakan melalui dukungan jaringan irigasi.
.
Petani di wilayah ini juga mengembangkan padi beras hitam sebagai alternatif, karena memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan beras putih.
.
Lain halnya di Kabupaten Bangka Tengah, dengan luas lahan sawah yang ada, petani lebih banyak mengembangkan padi beras merah lokal. Permintaan beras merah dengan varietas Namang Bateng ini diakui permintaannya cukup tinggi dari luar wilayah Bangka.
.
Kepala Karantina Pertanian Uji Standar, Sriyanto bersama dengan Direktur Irigasi Pertanian Kementan, Rahmanto melakukan koordinasi percepatan luas tambah tanam padi di kedua kabupaten tersebut pada Jum'at, 10/07/20.
.
Koordinasi ini sebagai wujud pendampingan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dalam rangka percepatan tanam di musim tanam II.
.
#LaporKarantina ??????
#KarantinaPertanianUjiStandar

Bagikan berita melalui