PENELITI BALITBANGKUMHAM HARUS MAHIR PRESENTASI

07-07-2020 - Badan Strategi Kebijakan Hukum dan Hak Asasi Manusia — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Jakarta (21/06) - Kepala Balitbangkumham, Asep Kurnia, menaruh perhatian tinggi dalam peningkatan kompetensi peneliti. Menurut Asep, salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki peneliti adalah keterampilan presentasi. “Tanpa presentasi yang jelas dan menarik, hasil penelitian tidak akan tersampaikan dengan baik dan jadi tidak termanfaatkan,” jelas Asep. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, Asep menggagas kegiatan Peningkatan Kemampuan Presentasi Peneliti.

Hadir sebagai narasumber Dr. P. Marlin Marpaung, M.Sc., Widyaiswara Ahli Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Marlin memaparkan keberhasilan presentasi terletak pada kemampuan penyaji mengatur waktu. “Penyaji harus memaparkan not too fast, not too slow, but adjust. Keep it short and simple, atau disingkat KISS,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Marlin turut mendengarkan contoh pemaparan oleh peneliti dan CPNS Balitbangkumham. Harison Citrawan, Eko Noer Kristiyanto serta Destry Indra Wibawa yang sebelumnya mendapat tugas presentasi luar negeri memaparkan materi penelitiannya. Pemaparan ini lalu ditanggapi dengan beberapa koreksi. “Harapannya ke depan menjadi makin bagus lagi paparannya,” ungkapnya. (*Humas)

Bagikan berita melalui