Wisuda Purna Bakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia secara Virtual

07-07-2020 - PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA — Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama

Yogyakarta – Pada hari Selasa tanggal 30 Juni 2020 Pukul 09.20 WIB di Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta diadakan Prosesi Wisuda Purna Bakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia secara Virtual melalui Video Teleconference Zoom dan Live Streaming di alamat Youtube PTA Yogyakarta. Turut bergabung melalui video conference dalam prosesi Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H.M Syariffudin, SH.,MH, Ketua Kamar Agama  Dr. H. Amran Suadi, SH., MH., MM., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. diruang Ketua Mahkamah Agung RI, Jakarta, Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama se Indonesia dan Ketua Pengadilan Agama sewilayah hukum PTA Yogyakarta dari Ruang Command Center Pengadilan  masing masing.

 

Prosesi wisuda diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI serta pembacaan Doa oleh Drs. M. Nasir Bn., S.H., M.H.I. Dilanjutkan Pembacaan SK dan Pembacaan Sekilas Riwayat Jabatan.

Perjalanan karir Bapak Drs. H. M. Said Munji, S.H., M.H. dimulai pada tahun 1981, sebagai Calon Hakim pada Pengadilan Agama Jakarta Pusat Kemudian diangkat menjadi Hakim Tingkat Pertama, Tahun 1984, pada Pengadilan Agama yang sama. Lima tahun kemudian, diangkat menjadi Hakim Tingkat Pertama, pada Pengadilan Agama Jakarta Utara.

Pada kurun waktu tahun 1995 sampai dengan tahun 2000, Beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Utara, Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat, dan Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Selanjutnya, tahun 2004 sampai dengan tahun 2009, melanjutkan karir sebagai Hakim Tinggi, pada Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, dan diperbantukan sebagai Hakim Tinggi pada Badan LITBANG DIKLAT KUMDIL Mahkamah Agung RI.

Karir beliau berlanjut sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, selama Tahun 2009 sampai dengan 2014, Berikutnya pada tahun 2014 sampai dengan 2016 beliau bertugas di Pulau Kalimantan sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

Akhirnya, pengabdian Bapak Drs. H. M. Said Munji, SH, MH berlanjut ke kota Gudeg, Yogyakarta, Beliau menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta sejak tanggal 16 Oktober tahun 2016 sampai dengan purnabhakti pada tanggal 30 Juni  tahun 2020.

Prosesi wisuda purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta yang dilakukan secara daring, penanggalan kalung jabatan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI yang diganti dengan kalung bunga Melati, dan penyerahan plangkat Mahkamah Agung yang pelaksanaannya didelegasikan kepada Sekretaris Mahkamah Agung H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH., M.Hum yang berada secara fisik di tempat prosesi.

Kemudian prosesi wisuda dilanjutkan sambutan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung yang menyampaikan bahwa sesuai dengan protokol Covid-19 serta pembatasan perjalanan dinas ke luar daerah, maka prosesi wisuda purnabakti Ketua Pengadilan Tingkat Banding ini untuk pertama kalinya dilakukan secara virtual selaku menjabat Ketua Mahkamah Agung dan yang kedua kalinya untuk virtual. Prosesi yang dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI berlangsung khidmat. Salah satu poin sambutan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung bahwa Drs. H. M. Said Munji, SH, MH tidak memiliki catatan merah di Mahkamah Agung, dan selanjutnya Ketua Mahkamah Agung RI mengucapkan selamat memasuki Purnabakti, dan selamat menjadi anggota PERPAHI (Persatuan Purnabakti Hakim Indonesia).

 

 

Bagikan berita melalui