Kecantikan Kaktus Asal Batu Memikat Korea Selatan

06-07-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian
Kecantikan Kaktus Asal Batu Memikat Korea Selatan
Surabaya (3/7). Kaktus dikenal sebagai tumbuhan sukulen karena bagian tubuhnya seperti batang, akar, dan daun mampu menyimpan air untuk bertahan hidup dalam kondisi kekeringan. Habitat alami kaktus adalah di gurun atau padang pasir. Walau begitu Kaktus dapat tumbuh dengan baik di Kota Batu yang berhawa sejuk.
Berbagai jenis kaktus hias berhasil dibudidayakan di Batu salah satunya adalah Gymnocalycium mihanovichii. Selain mempunyai warna yang cantik, tumbuhan yang termasuk family Cactaceae ini juga mempunyai bentuk yang unik. Tak heran masyarakat Korea Selatan terpikat untuk memiliki kaktus asal Batu tersebut.
Pada 2 Juli 2020, Pejabat Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja Bandara Juanda, Retno Susan melakukan pemeriksaan 11 pohon kaktus senilai 5 juta rupiah. Kaktus milik PT. BMI ini akan dikirim ke Korea Selatan menggunakan pesawat udara.
"Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kaktus bebas dari kutu dan telah sesuai dengan persyaratan dari negara tujuan sebelum Phytosanitary Certificate (PC) diterbitkan," urai Retno Susan.
Bagikan berita melalui