Pelayanan KPPN Palembang Tahun 2018 Sangat Memuaskan di Mata Masyarakat

14-07-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Palembang — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan

Palembang-KPPN Palembang  telah melaksanakan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 dalam lingkup KPPN Palembang survei ini berlangsung tanggal 31 Mei – 21 Juni 2018 dan diikuti oleh 105 responden yang terdiri dari 34 responden online dan 71 responden offline yang mengisi kuisioner secara langsung saat kunjungan ke KPPN.

Kami Mengucapkan terima kasih atas partisipasi satuan kerja terhadap Pelaksanaan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 ini, dengan perhitungan hasil suvei sebagai berikut;

1. Perhitungan hasil survei Kinerja Layanan Pencairan Dana untuk rata-rata nilai kepentingan dan rata-rata nilai kepuasan adalah sebesar 4,75 untuk masing-masing penilaian, hal ini menunjukkan bahwa Seksi Pencairan Dana telah memenuhi harapan pengguna layanan, dilihat dari tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dengan GAP 0.

2. Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi mencapai 4,76 dan 4,70 yang berarti bahwa Seksi MSKI masih memerlukan peningkatan kualitas layanan, dilihat dengan adanya GAP negatif sebesar 0,6. Hal ini disebabkan terdapat beberapa pengguna layanan merasa tidak puas terhadap layanan bimbingan konseling yang disediakan Seksi MSKI khususnya layanan pada Costumer Service Officer. Hal tersebut akan ditindak lanjuti segera dengan GKM dan diskusi bersama Seksi MSKI guna merumuskan langkah-langkah peningkatan kualitas layanan pada semester II.

3. Hasil survei lainnya yakni mengenai Kinerja Layanan Konfirmasi Surat Setoran sebesar 4,72 dan 4,75 untuk rata-rata nilai kepentingan dan rata-rata nilai kepuasan.  Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Kinerja Layanan pada Seksi Bank telah sangat baik, hal ini dilihat dari adanya GAP positif 0,3 yang menandakan harapan pengguna layanan tidak hanya terpenuhi tetapi terlampaui, sehingga bisa dikatakan layanan Seksi Bank sudah sangat baik menurut pengguna layanan dalam hal ini satuan kerja.

4. Kinerja Layanan Rekonsiliasi Laporan yaitu 4,78 dan 4,82 untuk rata-rata nilai kepentingan dan rata-rata nilai kepuasan, dengan adanya GAP positif 0,4 menunjukkan bahwa harapan satuan kerja telah terlampaui. Selain itu, hasil perhitungan Kinerja Sarana dan Prasarana adalah sebesar 4,83 untuk rata-rata nilai kepentingan dan rata-rata nilai kepuasan, menunjukkan bahwa Kinerja Layanan Subbag Umum juga telah memenuhi harapan pemangku kepentingan dengan didapatnya GAP 0 pada hasil perhitungan tersebut.

Hasil perhitungan kinerja layanan KPPN Palembang secara keseluruhan sangat memuaskan hal ini dilihat dari rata-rata nilai kepuasan layanan tahun yang dicapai sebesar 4,77 dengan indeks CSI (Customer Satisfaction Index) 0,96 (sangat puas), jika dibandingkan dengan Hasil Survei ditahun 2017 dimana nilai kepuasan pengguna layanan yang didapat KPPN Palembang saat itu 4,48 maka dapat disimpulkan tingkat kepuasan pengguna layanan tahun ini mengalami peningkatan.

Selanjutnya Kami berharap agar Satuan kerja tetap mendukung KPPN Palembang untuk terus memberikan layanan yang lebih baik dengan memberikan saran dan masukan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui petugas pengaduan layanan KPPN Palembang atau melalui email pengaduanlayanankppnpalembang@gmail.com.

Bagikan berita melalui