Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel

25-06-2020 - Kecamatan Gajah — Pemerintah Kab. Demak

Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang. Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 Ha. Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 Ha.

            Hari ini (24/06/2020) Penyuluh, BPS dan Kelompok Tani Ringin Arum melakukan kegiatan ubinan di Desa Jatisono. Ada 5 titik sampel yang akan dilakukan ubinan. Cara penentuan titik ubinan dilakukan melalui bantuan citra satelit. Peramalan luas panen dihitung dengan metode Kerangka Sampel Area (KSA). KSA menggabungkan peta luas baku lahan sawah yang diperoleh dari teknologi penginderaan jarak jauh (citra satelit) sebagai kerangka pengambilan sampel dan pemanfaatan android untuk observasi lapangan.

            Dari hasil ubinan didapatkan hasil 5,345 kg, jika dikonversikan dalam 1 Ha dikalikan 1600 didapatkan hasil 8,552 ton/Ha produksinya. Hasil yang cukup memuaskan dimana sebagian besar tanaman padi ada beberapa terdapat beluk. Beluk adalah malai dalam keadaan hampa karena pada saat primordia bunga tanaman terserang hama penggerek batang. Hama ini memutus pangkal batang sehingga hasil sari makanan tidak dapat disalurkan ke pengisian malai. Gabah juga diukur kelembabannya dengan moisture tester setelah di ukur kelembabannya sekitar 17,9 artinya gabah dalam keadaan kering. Diharapkan dengan adanya ubinan ini memberikan kemudahan petani dalam memprediksi hasil panennya (Fitri Nur Farida/ PPL Gajah)

Bagikan berita melalui