Karantina Surabaya Pastikan Hewan Kurban ke Kalimantan Bebas Brucella

22-06-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian

Karantina Surabaya Pastikan Hewan Kurban ke Kalimantan Bebas Brucella

Surabaya (22 Juni 2020) Mendekati Hari raya Idul Adha atau Idul Kurban lalu lintas hewan utamanya sapi di Pelabuhan Tanjung Perak mulai menunjukkan peningkatan. Pada 20 Juni 2020 sejumlah 21 sapi potong jantan asal Blitar dilaporkan pemilik ke Karantina Pertanian Surabaya wilker Tanjung Perak.

Sapi-sapi dengan rata-rata berat badan yang mencapai 500 kg tersebut akan dikirim ke Samarinda via Balikpapan dengan menumpang KM. Dharma Ferry VII.  

Selain sapi, terdapat juga kambing potong asal kota Batu sejumlah  200 ekor yang akan dikirim ke Banjarbaru - Kalimantan Selatan. Kambing yang terdiri 140 jantan dan 60 ekor betina tersebut akan dikirim menggunakan KM. Mutiara Ferindo V.

Sebelum dikirimkan, sapi dan kambing tersebut diperiksa dokumen dan fisiknya,serta uji laboratorium untuk memastikan hewan - hewan kurban tersebut bebas Brucella.

"Sesuai Kepmentan No. 2540/Kpts/PD. 610/6/2009 Tahun 2009 tentang Kalimantan bebas dari penyakit hewan keluron menular (Brucellosis), maka kami harus pastikan hewan ternak yang dikirim ke Kalimantan bebas brucella",  urai Santosa, dokter hewan karantina yang melakukan pemeriksaan

Bagikan berita melalui