Karantina Surabaya Pastikan Sapi asal Pulau Dewata Sehat

18-06-2020 - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya — Badan Karantina Pertanian

Surabaya (18/6). Sebulan menjelang Hari Raya Idul Adha banyak wilayah di Indonesia mulai menyiapkan persediaan sapi seperti Bekasi sebagai hewan Qurban, salah satunya dengan mendatangkan sapi dari Pulau Dewata/Bali.  

UD. SR merupakan salah satu pengirim sapi qurban dari Bali telah mengirimkan 308 ekor sapi ke Bekasi - Jawa Barat dalam 15 kali pengiriman sejak Mei 2020.

“Pengiriman sapi dari Bali ke Bekasi melalui jalan darat, sehingga memakan waktu kurang lebih 5-6 hari.  Waktu yang relative lama tersebut disebabkan sering berhenti untuk memberi makan dan minum sapi supaya tetap sehat sampai di tujuan,” ujar Made, salah satu pengawal sapi UD. S R.

Sebelum sampai di Bekasi, pejabat Karantina Surabaya Wilker Banyuwangi melakukan pemeriksaan fisik dan dokumen di Pelabuhan penyeberangan Ketapang untuk memastikan sapi-sapi tersebut sehat pada 17 Juni 2020.

“Setiap lalulintas hewan, maupun produk hewan yang melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang  akan diperiksa baik dokumen maupun fisiknya. Karena sapi Bali ini akan diperlihara dahulu sampai waktu Hari Idul Adha tiba dan mengingat waktu perjalanan yang panjang maka harus dipatikan kondisi sapi sehat, prima dan bebas penyakit Jembrana,” Jelas Surtini dokter hewan yang melakukan pemeriksaan di Ketapang.

Setelah dipastikan sehat dan dokumennya juga lengkap, sapi-sapi tersebut dapat melanjutkan perjalanan menuju Bekasi dengan membawa sertifikat pelepasan karantina hewan yang ditujukan kepada Dinas Peternakan Kabupaten Bekasi.

 

Bagikan berita melalui