Bimbingan Teknis Deteksi Swine Fever ( ASF )

09-06-2020 - Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian — Badan Karantina Pertanian

Karantina Uji Standar Perkuat Jejaring Laboratorium untuk Deteksi ASF

Jakarta - Karantina Uji Standar menggelar bimbingan teknis untuk deteksi African Swine Fever (ASF) melalui metode Real-time PCR secara daring (8/6). Kepala Bidang Pelayanan Pengujian, Risma J.P. Silitonga membuka acara yang dihadiri oleh 34 UPT lingkup Badan Karantina Pertanian ini.
"Semoga teman-teman di UPT dapat segera melakukan uji ini sehingga dapat mendukung tindakan karantina menjadi lebih efektif dan efisien", ungkap Risma.

African Swine Fever merupakan penyakit pada babi yang termasuk HPHK Golongan I dan bersifat sangat menular. Selain penyebarannya yang cepat, penyakit ini juga menyebabkan kematian hingga di atas 90%. Beberapa waktu lalu telah dilaporkan adanya kasus ASF di Indonesia, terutama di wilayah Sumatera Utara. Untuk mencegah semakin meluas sekaligus potensi masuknya ke wilayah Indonesia maka diperlukan tindakan karantina yang ketat termasuk metode deteksi yang tepat dan akurat.

Lidwina Nasstasya selaku narasumber menyampaikan alat, bahan, serta metode yang digunakan dalam melakukan uji deteksi ASF. "Saat ini kami nenggunakan metode real time. Kami harap ke depannya dapat dikembangkan dengan multiplek sehingga dapat menguji classical swine fever dan swine flu sekaligus," imbuh Lidwina.

Pelaksanaan kegiatan juga dapat disaksikan melalui siaran langsung pada kanal youtube Karantina Pertanian Uji Standar https://www.youtube.com/channel/UC14W4IeuPdWeNOu2F-Fx_Ug

#KarantinaUjiStandar
#LaporKarantina????????

Bagikan berita melalui